Terbongkar, Ini Alasan Rusia Masih Mengandalkan Tank Tua T-62 di Medan Perang Ukraina

Senin, 17 Oktober 2022 - 23:52 WIB
loading...
Terbongkar, Ini Alasan Rusia Masih Mengandalkan Tank Tua T-62 di Medan Perang Ukraina
Kabar Rusia memperbaiki dan memodernisasi sekitar 800 unit tank tua T-62 untuk dikerahkan ke medan perang Ukraina cukup mengejutkan. Foto/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Kabar Rusia memperbaiki dan memodernisasi sekitar 800 unit tank tua T-62 untuk dikerahkan ke medan perang Ukraina cukup mengejutkan. Sebab, Rusia masih memiliki beberapa jenis tank yang tergolong baru dan modern, seperti tank T-72 dan T-80.

Menurut informasi yang dikutip SINDOnews dari laman Bulgarian Military, Senin (17/10/2022), Rusia telah memproduksi lebih dari 22.000 unit tank T-62. Lebih dari 2.000 unit tank beroperasi di Uni Soviet, sekarang Rusia.

Setelah dimulainya perang saudara Suriah dan masuknya tentara Rusia ke Suriah, sebagian dari tank-tank ini dipindahkan ke sana. Ada alasan mengapa T-62 lebih disukai untuk modernisasi daripada T-72 yang lebih baru atau bahkan T-80.



Ternyata tank T-62 lebih mudah dan lebih cepat untuk dilatih, baik untuk tank masa depan maupun untuk warga Rusia yang dimobilisasi. Tank T-62 juga memiliki biaya perawatan yang lebih rendah. Menurut beberapa sumber di Internet, dua alasan ini adalah dasar preferensi Moskow untuk tetap menggunakan tank T-62.

Tapi ada alasan lain. Tank T-62 sangat cocok untuk operasi militer di daerah pegunungan dan lingkungan perkotaan yang padat penduduk. Selain itu, tank T-62 telah memiliki banyak pengalaman tempur selama sepuluh tahun terakhir di Suriah.

Penting untuk dicatat fakta yang sedikit disebutkan, selama sepuluh tahun di Suriah, Rusia meningkatkan T-62 dengan teknologi, pengintai laser, dan amunisi anti-personel, yang diproduksi di Korea Utara. Ini adalah alasan keempat, tank T-62 Suriah yang didorong ke garis depan medan perang Ukraina sudah dimodernisasi dengan teknologi, tanpa terpengaruh sanksi ekonomi dari Barat.



Beberapa ahli [kebanyakan Rusia] mengklaim bahwa modernisasi T-62 mungkin terbukti lebih efektif daripada T-72 atau T-80. Tank T-62 memungkinkan integrasi yang lebih mudah dari kontakt-5 atau armor reaktif eksplosif Relikt, pemandangan termal generasi ketiga, dan bahkan mungkin putaran baru untuk APFSDS.

Juga, fakta yang sedikit diketahui, disebutkan adalah bahwa tank T-62 adalah tank pertama di dunia yang diproduksi secara massal dengan meriam smoothbore dan sirip penusuk lapis baja. Tank T-62 juga merupakan yang pertama di dunia yang menggunakan peluru penembus pelindung sirip penusuk baja [APFSDS].
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3247 seconds (0.1#10.140)