Tambah Daya Gempur Pasukan, Rusia Perbaiki 800 Tank T-62 Era Soviet

Kamis, 13 Oktober 2022 - 17:08 WIB
loading...
Tambah Daya Gempur Pasukan, Rusia Perbaiki 800 Tank T-62 Era Soviet
Rusia dikabarkan memperbaiki sekitar 800 tank T-62 era Uni Soviet untuk menambah daya gempur di medan laga Ukraina. Foto/twitter/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Rusia dikabarkan memperbaiki sekitar 800 tank T-62 era Uni Soviet untuk menambah daya gempur di medan laga Ukraina. Ini mengisyaratkan Rusia terus memobilisasi kekuatan tempurnya untuk dikerahkan ke Ukraina.

Dilaporkan Tpyxa.net, Rusia bermaksud untuk memulihkan dan memperbaiki tank T-62 Soviet lama yang berjumlah 800 unit. Tank tempur utama yang diperbaiki ini akan dipasok ke angkatan bersenjata Rusia di medan perang Ukraina.

Kabar ini tidak mengejutkan, sebab sejak September, Rusia telah mengirim tank T-62 dari “front Suriah” ke Ukraina. Sejumlah tank T-62 dari Tajikistan dan Libya juga dikirim ke Ukraina. Bahkan tank T-90 India yang dikirim untuk diperbaiki tidak dikembalikan ke India tetapi dikirim ke Ukraina.



Ini adalah tanda bahwa Rusia sedang melakukan mobilisasi dan untuk mempersenjatai rekrutmen militer baru. Perbaikan perlu dilakukan karena sejumlah tank T-62, tank tempur utama yang mulai beroperasi pada tahun 1961, mengalami kerusakan sejak konflik dengan Ukraina akhir Februari 2022.

Langkah ini juga menegaskan alasan Moskow beberapa waktu lalu buru-buru mendirikan dua pabrik perbaikan tank. Kedua pabrik ini telah dibangun di pinggiran Moskow dan Rostov dibuat untuk memperbaiki tank T-62. Meskipun awalnya Moskow merencanakan pabrik-pabrik ini untuk mengambil alih perbaikan kendaraan tempur lapis baja yang dihancurkan di Ukraina.

Kehadiran tank T-62 di dua pabrik perbaikan ini berarti menunjukkan dua hal, pertama peralatan yang dikembalikan dari perang di Ukraina kondisinya terlalu buruk untuk diperbaiki. Kedua, jumlah tank T-62 yang diperbaiki benar-benar mendekati angka 800 – 1.000 unit. Dikutip dari laman BulgarianMilitary, Kamis (13/10/2022), dua pabrik tank baru itu berada di bawah pengawasan induk perusahaan UralVagonZavod.



Spesifikasi Tank T-62
T-62 adalah tank tempur utama Soviet (MBT) yang dirancang dan diperkenalkan pada awal 1960-an. Tank ini pertama kali memasuki layanan dengan pasukan darat Rusia pada tahun yang sama dan diproduksi hingga tahun 1975.

Menurut informasi yang tersedia, hampir 22.700 unit tank T-62 telah diproduksi, dan memiliki puluhan modifikasi, termasuk versi Amerika. Dalam versi Amerika, tank T-62 menggunakan mesin diesel Caterpillar, pemasangan radio AS dan pemasangan antena. AS menggunakan tank T-62 ini untuk Latihan Angkatan Darat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)