Terjadi 20.000 Kali Gempa Bumi Setahun, Ancaman Nyata yang Sering Diabaikan

Rabu, 19 Oktober 2022 - 13:22 WIB
loading...
A A A
Di lapisan atas mantel Bumi dikenal astenosfer yang terletak di lapisan terluar Bumi, litosfer. Lapisan ini terdiri dari banyak potongan, atau piring, yang berdesak-desakan di atas astenosfer seperti teka-teki jigsaw yang energik.

Suhu di astenosfer sekitar 1.300 derajat Celcius hingga 1.700 derajat Celcius dan kedalamannya antara 100 km hingga 250 km di bawah permukaan bumi. Suhu tinggi mengakibatkan lapisan astenosfer memiliki elastisitas yang cukup untuk "mengalir" meskipun padat.

Menurut situs web pendidikan Study.com, lapisan ulet ini dapat mengalir perlahan di bawah konveksi panas dan membantu memindahkan magma dan batuan melalui Bumi. Aktivitas ini berkontribusi pada pergerakan lempeng tektonik.
Terjadi 20.000 Kali Gempa Bumi Setahun, Ancaman Nyata yang Sering Diabaikan


Akhirnya, lapisan batuan itu tergelincir, melepaskan sejumlah besar energi dalam gelombang yang berjalan melalui interior bumi ke permukaan dan menghasilkan getaran yang kita rasakan selama gempa bumi. Titik di permukaan bumi yang terletak tepat di atas fokus atau hiposenter gempa dikenal sebagai episentrum.



Menurut USGS, gempa bumi dapat muncul di mana saja antara permukaan bumi hingga kedalaman sekitar 700 kilometer. Mereka lazim terjadi di sepanjang tepi batas lempeng dan menurut Survei Geologi Inggris, lebih dari 80% terjadi di sekitar tepi Samudra Pasifik, di daerah yang dikenal sebagai "Cincin Api."
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3848 seconds (0.1#10.140)