Kamis, 20 Oktober 2022 - 19:42 WIB
Menakjubkan, Pilar Penciptaan Bintang yang Terekam Teleskop James Webb
Kecantikan pilar penciptaan yang sudah melegenda, kembali terekam secara menakjubkan oleh Teleskop James Webb (JWST). Foto/NASA/ESA
FLORIDA - Kecantikan pilar penciptaan yang sudah melegenda, kembali terekam secara menakjubkan oleh Teleskop James Webb (JWST). Gambar yang terekam menunjukkan detail pilar gas dan debu yang menjulang tinggi di Nebula Elang sekitar 6.500 tahun cahaya dari Bumi.

Pilar penciptaan atau pillars of creation, adalah pembibitan bintang-bintang yang baru lahir. Kemudian, perlahan-lahan menghancurkan dirinya sendiri selama jutaan tahun. Gambar yang dihasilkan dan dirilis NASA dan Badan Antariksa Eropa pada 19 Oktober, begitu menakjubkan.

Kosmik close-up menangkap bentuk tiga jari khas dari pilar dengan detail yang belum pernah terjadi sebelumnya. Termasuk coretan merah seperti lava di ujung beberapa pilar yang mewakili pancaran materi supersonik keluar dari bintang yang masih terbentuk.

Tetapi di luar keindahan tingkat permukaan, gambar itu juga mengungkapkan banyak bintang yang baru terbentuk yang belum pernah terlihat sebelumnya di dalam dan di sekitar awan gas. Menurut NASA, tampilan pilar ikonik yang ditingkatkan ini akan membantu para astronom mengasah model pembentukan bintang mereka.

Ini memungkinkan mereka menghitung jumlah bintang dan jumlah gas yang tepat di wilayah tersebut. Pilar ini menjadi terkenal di dunia pada tahun 1995 setelah Teleskop Luar Angkasa Hubble pertama kali mengungkapkan keindahannya.

Gumpalan gas dan debu yang menjulang tinggi, yang tertinggi membentang sekitar 4 tahun cahaya dari dasar ke ujung, atau sekitar jarak dari Bumi ke sistem bintang tetangga terdekatnya, Alpha Centauri. Pilar ini diilustrasikan dengan istana di langit, stalagmit kosmik atau kilasan terumbu karang luar angkasa.

“Pilar-pilar itu adalah gumpalan gas yang masih hidup di awan hidrogen yang dulunya sangat besar. Kemudian, perlahan-lahan terkikis oleh radiasi intens bintang-bintang besar yang baru lahir,” tulis NASA dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (20/10/2022).

Menakjubkan, Pilar Penciptaan Bintang yang Terekam Teleskop James Webb

Selama jutaan tahun, cahaya bintang telah membentuk awan gas menjadi bentuk seperti jari. Namun, sekarang, pilar-pilar tersebut perlahan-lahan terkikis oleh bintang-bintang muda di dalam dan di sekitarnya.

Bahkan dengan kecantikan mereka yang perlahan memudar, dan sedikit lebih banyak gas yang terkikis di setiap pengamatan teleskop baru, pilar-pilar penciptaan masih tetap menjadi salah satu struktur paling ikonik di langit malam.