Tempat Misterius yang Sulit Ditemukan, Pulau Sandy Kerap Muncul dan Menghilang Begitu Saja

Kamis, 20 Oktober 2022 - 22:42 WIB
loading...
Tempat Misterius yang Sulit Ditemukan, Pulau Sandy Kerap Muncul dan Menghilang Begitu Saja
Pulau Sandy yang terletak di antara Australia dan pulau lain di Kaledonia Baru telah menjadi misteri selama bertahun-tahun hingga sekarang. Ilustrasi/Foto/outlookindia
A A A
CANBERRA - Pulau Sandy yang terletak di antara Australia dan pulau lain di Kaledonia Baru telah menjadi misteri selama bertahun-tahun hingga sekarang. Pulau Sandy menjadi misteri bagi para ilmuwan selama lebih dari satu abad sekarang karena kerap muncul dan menghilang begitu saja.

Bahkan koordinat peta di Google dari pulau itu telah menghilang dan muncul kembali sehingga membuat para ilmuwan bingung tentang penyebab pasti dari fenomena tersebut. Sesekali, orang menemukan sesuatu yang aneh dan misterius sehingga menimbulkan perdebatan.

Pulau Sandy menjadi subjek menarik dan pada tahun 2012, para ilmuwan menuju ke daerah tersebut untuk membuktikan keberadaan pulau itu. Namun, hal yang mengejutkan, para ilmuwan tidak menemukan apa pun selain gelombang biru laut.



Para ilmuwan Australia di R/V Southern Surveyor tidak menemukan pulau itu, tidak menemukan apa pun selain laut. Para ilmuwan menuju ke daerah itu dan mencatat kedalaman laut lebih dari 4.300 kaki, menunjukkan tidak ada kemungkinan apa pun yang bersembunyi di bawah air yang sebelumnya terlihat.

"Kami ingin memeriksanya karena grafik navigasi di atas kapal menunjukkan kedalaman air 1.400 meter (4.620 kaki) di daerah itu, sangat dalam. Ada di Google Earth dan peta lainnya jadi kami pergi untuk memeriksa dan tidak ada pulau," kata Maria Seton, dari University of Sydney dikutip SINDOnews dari laman Indiatimes, Kamis (20/10/2022).

Tidak ada penjelasan resmi mengapa beberapa penampakan Pulau Berpasir terlihat selama bertahun-tahun, tetapi banyak ahli percaya bahwa pulau itu mungkin adalah sisa-sisa gunung berapi yang tenggelam atau letusan subaerial pesisir. “Kami benar-benar bingung, ini cukup aneh. Bagaimana cara menemukan jalannya ke peta? Kami hanya tidak tahu," tambah Maria.



Nama Pulau Sandy pertama kali diterbitkan dalam Chart of Discoveries in the South Pacific Ocean karya Penjelajah Inggris Kapten James Cook sepanjang tahun 1776. Seratus tahun kemudian penginapan 1876 sebuah kapal yang keluar untuk berburu dan menangkap ikan paus yang disebut Velocity, itu menyatakan juga melaporkan melihat pulau itu.
Tempat Misterius yang Sulit Ditemukan, Pulau Sandy Kerap Muncul dan Menghilang Begitu Saja


Pulau Sandy sekali lagi terlihat pada tahun 1895, yang diyakini memiliki panjang 24 kilometer dan lebar 5 kilometer. Ada keraguan yang berkembang tentang keberadaan pulau itu dengan Layanan Hidrografi Prancis sepenuhnya menghapusnya dari peta lautnya pada tahun 1979.

Namun, jika Anda memasukkan koordinat yang tepat, Anda dapat melihat "benjolan" kecil di lautan tempat pulau itu dulu ditampilkan di Google Maps. Namun, tidak ada yang benar-benar tahu apakah pulau itu pernah ada dan karena itu masih menjadi misteri hingga saat ini.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1865 seconds (0.1#10.140)