Rusia Sukses Gunakan Drone Kamikaze Gempur Ukraina Berkat Panduan Satelit Glonass

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 17:47 WIB
loading...
Rusia Sukses Gunakan Drone Kamikaze Gempur Ukraina Berkat Panduan Satelit Glonass
Selama beberapa hari terakhir, angkatan bersenjata Rusia sukses menyerang sejumlah fasilitas di wilayah Ukraina menggunakan drone kamikaze. Foto/BulgarianMilitary
A A A
MOSKOW - Selama beberapa hari terakhir, angkatan bersenjata Rusia sukses menyerang sejumlah fasilitas di wilayah Ukraina menggunakan drone kamikaze . Kubu Ukraina dan Amerika Serikat (AS) menyebut Moskow menggunakan drone (UAV) tempur Shahed-129 dan Shahed-136 buatan Iran.

Klaim itu dibantah Rusia dan Iran dengan mengatakan sejak awal Moskow tidak menggunakan sistem senjata Iran. Terlepas dari polemik drone siapa yang digunakan, Military Monitoring menyebutkan kunci sukses serangan drone kamikaze Rusia ke wilayah Ukraina berkat panduan satelit navigasi Glonass.

Menurut sumber Rusia, terutama dari kompleks industri militer Rusia, seperti yang diklaim oleh Military Monitoring, modul navigasi Glonass telah diintegrasikan ke dalam kedua versi kendaraan udara tak berawak Shahed Iran. Sumber yang sama mengklaim bahwa alasan integrasi sistem navigasi adalah untuk meningkatkan efisiensi drone dengan meningkatkan jangkauannya.



Awalnya, drone digunakan dalam kondisi pertempuran nyata di Ukraina. Kemudian mereka menunjukkan cacat, sistem inersia pesawat yang sangat asli. Diketahui drone Shahed-136 memiliki radius serangan terbatas hampir 550 km dengan kemungkinan jangkauan setidaknya 2.500 km.

Seperti yang ditulis oleh Military Monitoring, dengan radius yang sama dan jangkauan terbatas, angkatan bersenjata Rusia tidak dapat menggunakan drone untuk mencapai target dari jarak jauh, tetapi hanya dari jarak dekat.

BulgarianMilitary menulis, saat ini, drone Shahed-136 digunakan oleh dua negara, yaitu Iran dan Rusia, serta oleh gerakan Houthi di Yaman. Drone kamikaze ini diproduksi oleh HESA Iran.
Rusia Sukses Gunakan Drone Kamikaze Gempur Ukraina Berkat Panduan Satelit Glonass


Menurut informasi yang belum dikonfirmasi, harga satu unit adalah antara USD20.000 (Rp312,4 juta) dan USD50.000 (Rp781 juta). Iran belum memberikan informasi tentang berapa banyak drone model ini yang telah diproduksi sejauh ini.



Drone Shahed-136 didukung oleh mesin piston MD-550 tunggal. Kecepatan terbang maksimum berkisar antara 185 – 190 km/jam.

Drone diluncurkan dari platform tipe Rocket Assisted Take Off [RATO]. Hulu ledak di drone memiliki berat 40 kg. Drone ini memiliki berat 200 kg dan memiliki lebar sayap 2,5 meter.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)