Selain Tulang Manusia Jawa, Belanda Didesak Pulangkan Al Quran Milik Pahlawan RI

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 23:34 WIB
loading...
Selain Tulang Manusia Jawa, Belanda Didesak Pulangkan Al Quran Milik Pahlawan RI
Daftar pahlawan Indonesia yang turut mengusir kolonial Belanda dari bumi Indonesia. FOTO/ IST
A A A
AMSTERDAM - Indonesia mendesak Belanda untuk mengembalikan delapan artefak sejarah dari museumnya, selain tulang belulang Manusia Jawa, Indonesia juga Minta Belanda pulangkan Al Quran pahlawan Indonesia.

Bonnie Triyana, seorang sejarawan dan anggota tim repatriasi Indonesia, mengatakan kedelapan artefak itu termasuk patung-patung dari zaman Kerajaan Singosari di Jawa; Al Quran milik seorang pahlawan nasional Indonesia; dan tulang-belulang yang digali di Jawa oleh paleoantropolog Belanda Eugène Dubois pada abad ke-19 yang kemudian dikenal sebagai Manusia Jawa.

"Tujuan utama kami adalah mendapatkan kembali benda-benda itu dan menggali pengetahuan," tutur Bonnie seperti dilansir dari Reuters, Jumat (21/10/2022).



Dari tahun 1800 hingga 1949, Indonesia adalah koloni Belanda yang dikenal sebagai Hindia Belanda. Indonesia, ketika itu, merupakan sumber kekayaan alam Belanda untuk perdagangan rempah-rempah, logam mulia, dan mineral.

Bonnie mengatakan fokus utama timnya adalah mendapatkan kembali koleksi milik Indonesia yang kini ada di museum-museum nasional Belanda, termasuk di Naturalis Biodiversity Center.

Kementerian Pendidikan dan Sains Belanda, yang mengoordinasikan proses pemulangan, belum menanggapi permintaan komentar dari Reuters.

Belanda sebelumnya pernah mengembalikan barang-barang yang tersimpan di museum-museumnya ke Indonesia, termasuk keris milik Pangeran Diponegoro. Keris itu dipulangkan pada tahun 2020.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)