Pemicu Cahayu Korban Tragedi Kanjuruhan Hilang Ingatan, Ini Jawabannya

Minggu, 23 Oktober 2022 - 17:10 WIB
loading...
Pemicu Cahayu Korban Tragedi Kanjuruhan Hilang Ingatan, Ini Jawabannya
Cahayu Nur Dewata merupakan salah satu korban Tragedi Kanjuruhan yang melihat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober 2022. FOTO/ DOK MPI
A A A
MALANG - Cahayu Nur Dewata , wanita korban Tragedi Kanjuruhan mengalami hilang ingatan setelah koma selama tiga hari. Ahli medis amnesia dipicu karena korban mengalami traumatis hebat.

Cahayu Nur Dewata merupakan salah satu korban Tragedi Kanjuruhan yang melihat kerusuhan di Stadion Kanjuruhan pada Sabtu, 1 Oktober 2022.



Tragedi Kanjuruhan menyisakan tak hanya kesedihan, namun juga trauma dan rasa sakit yang tak kunjung hilang seperti yang menimpa Cahayu Nur Dewata.

Cahayu mengalami Amnesia atau lupa ingatan, Amnesia psikogenik adalah kondisi dimana hilangnya ingatan seseorang akibat gangguan psikologis. Gangguan psikologis yang menjadi penyebabnya bisa berbentuk insiden trauma psikis atau stres yang dialami.

Salah satu contohnya adalah mereka yang menjadi korban kejahatan seksual. Mereka yang mengalami kejahatan seksual akan tertekan secara emosi sehingga memicu pengalaman traumatis dalam diri.

Pada kasus seperti ini, bisa kehilangan ingatan-ingatan pribadi, termasuk identitas tentang dirinya sendiri. Meski demikian, amnesia psikogenik tidak akan berlangsung lama. Penderita amnesia psikogenik bisa sembuh dengan melakukan psikoterapi rutin oleh dokter ahli.

Kondisi fisik Cahayu Nur memang tampak melemah. Dia sempat diberikan bantuan tabung oksigen untuk pernapasan selama dirawat di rumah. Perlahan tapi pasti, kondisinya berangsur membaik hingga ditemui awak media.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5199 seconds (0.1#10.140)