Astronom Temukan Asteroid Pembunuh Planet, Berpotensi Menabrak Bumi

Selasa, 01 November 2022 - 16:30 WIB
Astronom Temukan Asteroid Pembunuh Planet, Berpotensi Menabrak Bumi
Para astronom telah menemukan asteroid pembunuh planet yang bersembunyi di bawah sinar matahari. Foto/Spaceengine
LIMA - Para astronom telah menemukan asteroid "pembunuh planet" yang bersembunyi di bawah sinar matahari. Asteroid yang disebut 2022 AP7, termasuk di antara tiga asteroid dekat Bumi atau NEA baru, yang bersembunyi di tata surya bagian dalam, wilayah orbit Bumi dan Venus.

Para astronom menemukan asteroid “pembunuh planet” dengan menggunakan Dark Energy Camera atau DECam. Kamera ini dipasang pada Teleskop 4 meter Víctor M Blanco di Cerro Tolo Inter-American Observatory di Cile, sebuah program dari NOIRLab National Science Foundation.

Para astronom cukup kesulitan menemukan asteroid di wilayah ini karena sinar matahari yang menyilaukan begitu intens. Namun, mereka berhasil menemukan trio NEA karena kondisi yang lebih menguntungkan selama waktu senja yang singkat.

Dari tiga NEA yang ditemukan, asteroid 2021 LJ4 dan asteroid 2021 PH27 memiliki orbit yang tetap berada di dalam orbit Bumi. Sedangkan asteroid 2022 AP7, di sisi lain, berukuran sekitar 1,5 kilometer, memiliki orbit yang suatu hari nanti dapat menempatkannya di jalur Bumi. Namun, para ilmuwan masih kesulitan untuk menentukan kapan waktu tepatnya.

“Sejauh ini kami telah menemukan dua asteroid besar dekat Bumi yang lebarnya sekitar 1 kilometer, ukuran yang kami sebut 'pembunuh planet'," kata Scott S Sheppard, astronom di Laboratorium Bumi dan Planet dari Carnegie Institution for Science dikutip SINDOnews dari laman foxnews, Selasa (1/11/2022).

Sheppard mencatat bahwa kemungkinan hanya ada beberapa NEA dengan ukuran yang sama yang tersisa untuk ditemukan, dan mereka memiliki orbit yang akan berdampak pada Bumi. “Hanya sekitar 25 asteroid yang mengorbit sepenuhnya di dalam orbit Bumi yang telah ditemukan hingga saat ini karena sulitnya mengamati di dekat silau matahari," tuturnya.