Kapal Selam Rudal Balistik AS yang Kedua Muncul di Pelabuhan Gibraltar

Rabu, 02 November 2022 - 11:18 WIB
loading...
Kapal Selam Rudal Balistik AS yang Kedua Muncul di Pelabuhan Gibraltar
Untuk kedua kali dalam dua pekan, kapal selam rudal balistik milik Angkatan Laut Amerika Serikat menunjukkan penampakannya di permukaan. Foto/The War Zone/USN
A A A
GIBRALTAR - Untuk kedua kali dalam dua pekan, kapal selam rudal balistik milik Angkatan Laut Amerika Serikat menunjukkan penampakannya di permukaan. Kali ini giliran kapal selam rudal balistik USS Rhode Island muncul di Pelabuhan Gibraltar, masuk wilayah teritori Inggris.

Kunjungan kapal selam rudal balistik kelas Ohio milik Angkatan Laut AS USS Rhode Island ke Pelabuhan umum, seperti di Gibraltar, termasuk sesuatu yang sangat jarang terjadi. Apalagi persinggahan ini diumumkan ke publik yang dikonfirmasi resmi Angkatan Laut AS.

Layanan tersebut juga mencatat bahwa ini adalah pertama kalinya kapal selam rudal balistik Ohio, atau SSBN, mengunjungi Gibraltar sejak kapal selam USS Alaska berhenti di sana pada Juni 2021. Persinggahan USS Alaska adalah pertama kalinya dalam dua dekade salah satu kapal ini mengunjungi wilayah Inggris.

Baca juga; Kapal Selam Nuklir Rusia Bermuatan 6 Torpedo Poseidon Hilang

Pangkalan Angkatan Laut Gibraltar memiliki peran yang sangat strategis, menjadi salah satu dari sejumlah fasilitas di kawasan yang mampu menampung kapal selam bertenaga nuklir dan melakukan perbaikan. Gibraltar secara keseluruhan terletak strategis, terletak di ujung timur Selat Gibraltar, yang menghubungkan Laut Mediterania dengan Samudra Atlantik.

“Kunjungan pelabuhan USS Rhode Island ke Gibraltar memperkuat komitmen kuat kami kepada sekutu dan mitra kami di kawasan ini. AS dan Inggris berbagi sejarah kerja sama yang kuat, melalui latihan, operasi, dan kegiatan kerja sama seperti ini, yang meningkatkan kemampuan dan kemitraan gabungan kami,” kata Kapten Angkatan Laut John Craddock, kepala Satuan Tugas 69, dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Rabu (2/11/2022).
Kapal Selam Rudal Balistik AS yang Kedua Muncul di Pelabuhan Gibraltar


Gugus Tugas 69 Armada Keenam AS bertanggung jawab untuk mengawasi semua operasi perang kapal selam Angkatan Laut di seluruh Eropa dan Afrika. Angkatan Laut AS biasanya sangat bungkam tentang kegiatan kapal selam yang dikerahkan, terlebih lagi tentang kapal selam rudal balistik (SSBN) yang biasa disebut sebagai 'boomer' di laut.

Kapal selam rudal balistik Angkatan Laut AS mewakili penangkal nuklir serangan kedua yang dapat bertahan dan sulit terdeteksi. Terlebih lagi 14 kapal selam rudal balistik (SSBN) kelas Ohio milik Angkatan Laut AS, masing-masing membawa sekitar 20 rudal balistik Trident D5 saat berpatroli.

Baca juga; Manuver Langka, AS Tunjukkan Kehadiran Kapal Selam Bersenjata Nuklir di Laut Arab

Setiap rudal sangat eksplosif karena dapat memuat hingga 14 hulu ledak nuklir individu, yang disebut beberapa kendaraan masuk kembali yang dapat ditargetkan secara independen atau MIRV. Angkatan Laut AS juga memiliki empat kapal selam kelas Ohio lainnya yang diubah menjadi kapal selam peluru kendali atau SSGN, yang mampu membawa 154 rudal jelajah serangan darat Tomahawk.
Kapal Selam Rudal Balistik AS yang Kedua Muncul di Pelabuhan Gibraltar


Perlu dicatat bahwa rudal balistik Trident D5 yang dimiliki SSBN Ohio Angkatan Laut setidaknya mampu dilengkapi dengan hulu ledak nuklir berdaya rendah W76-2, serta jenis W76-1 dan W88 dengan daya lebih tinggi. Untuk hulu ledak W76-2, yang sekarang digunakan setidaknya sampai tingkat tertentu, secara khusus dikembangkan untuk membantu memberikan pencegah yang lebih fleksibel.

Sebelumnya kapal selam rudal balistik kelas Ohio USS West Virginia mengungkapkan kehadirannya di Laut Arab pada 20 Oktober 2022. Pengungkapan itu dibingkai dengan kegiatan kunjungan perwira tinggi komando, Jenderal Angkatan Darat AS Michael Kurilla, untuk melihat langsung salah satu kemampuan utama Amerika yang beroperasi di wilayah tersebut.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2489 seconds (10.55#12.26)