Kapal Selam Nuklir Rusia Bermuatan 6 Torpedo Poseidon Hilang

Senin, 03 Oktober 2022 - 16:43 WIB
loading...
Kapal Selam Nuklir Rusia Bermuatan 6 Torpedo Poseidon Hilang
Kapal selam nuklir Rusia yang membawa enam torpedo nuklir Poseidon menghilang dari radar NATO dan tak terdeteksi lagi di pangkalannya. Foto/Wikipedia/BulgarianMilitary
A A A
ROMA - Kapal selam nuklir Rusia yang membawa enam torpedo nuklir Poseidon menghilang dari radar NATO dan tak terdeteksi lagi di pangkalannya. Tidak ada informasi dan jejak tentang kapal selam itu hilang ke mana.

Kabar hilangnya kapal selam nuklir Rusia diklaim oleh akun Twitter @TpyxaNews, mengutip harian Italia La Repubblica. Media Italia itu menerima informasi dari sumber NATO. Dikutip SINDOnews dari Bulgarian Military, Senin (3/10/2022), kabar hilangnya kapal selam Rusia berarti tidak terlihat oleh pasukan Sekutu.

Namun, @TpyxaNews tidak menyebutkan apakah kapal selam itu adalah K-329 Belgorod yang menghilang dari sensor pasukan sekutu. Dugaan kapal selam K-329 Belgorod yang menghilang karena kapal selam jenis ini tidak memancarkan gelombang panas. Ini adalah masalah bagi pasukan sekutu, karena kapal selam dan sensor mereka disetel (didesain) untuk menangkap gelombang panas.

Baca juga; Foto Satelit Bongkar Persiapan Kapal Selam Rusia, Dipersenjatai Rudal Kalibr

Dalam tweet berikut, @TpyxaNews menjelaskan bahwa kapal selam K-329 Belgorod Angkatan Laut Rusia dapat membawa hingga enam torpedo Poseidon, semuanya dilengkapi dengan hulu ledak nuklir. “Torpedo ini dapat menyebabkan tsunami reaktif,” tulis akun Twitter @TpyxaNews.

Kapal Selam Belgorod
Seperti dilaporkan Bulgarian Military pada 8 Juli, Angkatan Laut Rusia mengakuisisi kapal selam terbesar yang dibangun dalam 40 tahun, yaitu Belgorod, kelas Oscar II. Informasi tersebut dikonfirmasi oleh perusahaan pembuat kapal terbesar di Rusia, Sevmash.

Kapal selam Belgorod adalah kapal selam nuklir, dan konstruksinya dimulai hampir tiga tahun lalu, pada tahun 2019. Panjang kapal selam adalah 184 meter dan perpindahannya adalah 14.700/17.000 ton di permukaan dan 24.000/30.000 ton di bawah air.

Baca juga; Rusia Siap Gunakan Kapal Selam Nuklir yang Bisa Ciptakan Tsunami

Saat ini tidak ada informasi resmi tentang jangkauannya, tetapi menurut data sumber terbuka, kecepatan maksimumnya adalah 32 knot atau 59 km/jam saat muncul di permukaan. Tujuan utama kapal selam Belgorod adalah untuk membawa enam kendaraan bawah air tak berawak nuklir (UUV), torpedo nuklir Poseidon.

Selama pertempuran, Belgorod dapat mengintegrasikan kapal selam nuklir kecil yang dirancang untuk menyelam di laut dalam di bawah lunasnya. Belgorod juga mengesankan dengan keunggulan utama lainnya, integrasi kapal selam penyelamat kedua di punggung Belgorod, serta kemampuan untuk membawa muatan besar, termasuk pembangkit listrik tenaga nuklir independen.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2145 seconds (11.97#12.26)