Ini yang Terjadi Jika Kita Masuk ke Dalam Black Hole, Membayangkannya Saja Bikin Ngeri

Jum'at, 04 November 2022 - 17:53 WIB
Anda tidak hanya akan terkoyak, tetapi juga ruang dan waktu. Mereka akan terpecah menjadi tetesan, menghancurkan konsep masa lalu dan masa depan.

Jika Anda jatuh ke dalam lubang hitam bermassa bintang, tubuh Anda akan mengalami proses yang disebut spaghettification. Gaya gravitasi lubang hitam akan menekan Anda dari atas sampai ujung kaki, sambil meregangkan Anda pada saat yang sama seperti, spaghetti.

Dikenal sebagai spaghettification oleh para ilmuwan karena gravitasi lubang hitam menekan tubuh Anda secara horizontal sambil menariknya secara vertikal seperti gula-gula. Tarikan gravitasi pada jari-jari kaki Anda akan jauh lebih kuat daripada di kepala Anda, jika saat jatuh ke lubang hitam kaki Anda masuk terlebih dahulu.

Selain itu, setiap bagian tubuh Anda akan memanjang ke arah yang berbeda. Bahkan, Anda akan menyerupai sepotong spageti. Tentu saja, gravitasi yang kuat pada akhirnya akan mencabik-cabik Anda di lubang hitam mana pun Anda jatuh.

Tidak ada jalan keluar. Anda masih bisa melarikan diri dengan melakukan perjalanan lebih cepat dari kecepatan cahaya, bahkan jika Anda masih hidup.