Akibat Puing-puing Roket China, Spanyol Tutup Beberapa Bandara

Minggu, 06 November 2022 - 15:06 WIB
loading...
Akibat Puing-puing Roket China, Spanyol Tutup Beberapa Bandara
Puing-puing roket China menyebabkan bandara di Spanyol ditutup serentak. FOTO/ IST
A A A
BARCELONA - Beberapa bandara di Spanyol menutup wilayah udaranya pada Jumat dini hari karena kekhawatiran tentang puing-puing roket China.

Penerbangan masuk dan keluar dari Barcelona, Tarragona, Ibiza dan Reus telah dibatalkan dengan laporan daerah lain termasuk La Rioja dan Castilla dan Leon juga terpengaruh.



Seperti dilansir dari Daily Mail Minggu (6/11/2022), hal itu terjadi karena dikhawatirkan puing-puing roket China akan bertebaran di atmosfer bumi.

Sebelumnya, Long March 5B, roket paling kuat China, diluncurkan pada 31 Oktober dari China selatan untuk mengirimkan modul terakhir ke stasiun luar angkasa China yang sedang dibangun.

Roket tersebut kemudian akan menimbulkan puing-puing besar dan berat setelah puing-puing tersebut kembali memasuki atmosfer bumi.

Puing-puing dari roket yang terbang di seluruh dunia dengan kecepatan 28.163 kilometer per jam sedang dilacak langsung oleh Pengawasan dan Pelacakan Luar Angkasa Uni Eropa (UE).

Layanan Pengawasan dan Pelacakan Luar Angkasa Uni Eropa mengatakan puing-puing kemungkinan besar akan memasuki kembali atmosfer Bumi di tengah Samudra Atlantik.

Namun, itu juga memperingatkan bahwa Spanyol utara dan Portugal dan Italia selatan juga berada dalam area potensial di mana puing-puing dari roket jatuh.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)