China Tuntaskan Pembangunan Stasiun Ruang Angkasa Tiangong, Berbentuk Konfigurasi Huruf T

Senin, 07 November 2022 - 16:46 WIB
loading...
China Tuntaskan Pembangunan Stasiun Ruang Angkasa Tiangong, Berbentuk Konfigurasi Huruf T
China menuntaskan pembangunan konstruksi dasar stasiun luar angkasa Tiangong setelah modul Mengtian yang baru tiba dipindahkan ke dok permanen. Foto/Space
A A A
BEIJING - China menuntaskan pembangunan konstruksi dasar stasiun luar angkasa Tiangong setelah modul Mengtian yang baru tiba dipindahkan ke dok permanen. Tiga astronot Shenzhou 14 sudah bisa menggunakan modul tambahan terbaru Mengtian di stasiun luar angkasa Tiangong.

China meluncurkan Mengtian, modul ketiga dan terakhir untuk stasiun luar angkasa Tiangong, pada 31 Oktober 2022. Mengtian, yang berarti "memimpikan surga", merapat di pelabuhan bagian depan Tiangong 13 jam kemudian.

Modul Mengtian kemudian dipindahkan dari pelabuhan depan di Tiangong ke tempat berlabuh di sisi dermaga stasiun pada Kamis 3 November 2022. Prosesnya dengan melakukan putaran 90 derajat dari modul menggunakan perangkat mekanis bertenaga yang dibuat khusus.



Prosedur serupa dilakukan dengan modul Wentian pada akhir September, memindahkan modul ke port docking kanan Tiangong. Ini berarti Administrasi Luar Angkasa Nasional China telah menyelesaikan pembangunan pos orbit Tiangong berbentuk T, yang terdiri dari modul inti Tianhe dan modul eksperimen Wentian dan Mengtian.

China berencana untuk mengoperasikan stasiun luar angkasa Tiangong untuk beberapa tahun ke depan. Pembangunan Tiangong bertujuan untuk membuatnya menjadi stasiun luar angkasa permanen dan berpotensi menjadi tuan rumah bagi misi komersial lainnya.

Saat ini ada tiga astronot misi Shenzhou 14 yang tinggal di Tiangong. Mereka juga sudah memasuki modul Mengtian untuk pertama kalinya beberapa jam setelah transposisi. Astronot Chen Dong, Liu Yang dan Cai Xuzhe berbicara dengan staf kontrol darat tak lama setelah memasuki modul sepanjang 17,9 meter dan berat 48.500 pon.

“Mengtian, Wentian dan Tiangong. Mimpi itu menjadi kenyataan. Shenzhou-14 melaporkan bahwa kru telah berhasil memasuki modul lab Mengtian,” kata Chen dikutip SINDOnews dari laman Space.com, Senin (7/11/2022).



“Stasiun luar angkasa China adalah rumah di surga bagi seluruh umat manusia,” tambah Liu, yang menjadi wanita pertama China di luar angkasa pada 2012.
China Tuntaskan Pembangunan Stasiun Ruang Angkasa Tiangong, Berbentuk Konfigurasi Huruf T

Modul Mengtian baru China untuk stasiun ruang angkasa Tiangong dipindahkan ke posisi terakhirnya di laboratorium pengorbitan berbentuk T. Foto/China Manned Space Engineering

Para astronot sekarang akan terlibat dalam pengujian sistem stasiun luar angkasa Tiangong yang telah selesai dalam konfigurasi bentuk-T. Dengan selesainya stasiun luar angkasa, diharapkan dapat menyambut kedarangan kru berikutnya, Shenzhou 15, sebelum akhir tahun.

Sebuah roket Long March 7 saat ini sedang dipersiapkan di pelabuhan antariksa Wenchang untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa kargo Tianzhou 5. Roket ini akan mengirimkan pasokan untuk mendukung misi Shenzhou 15 selama enam bulan.

Shenzhou 15 akan meluncur di atas roket Long March 2F dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di Gurun Gobi pada waktu yang tidak disebutkan setelah Tianzhou 5 tiba di Tiangong.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1753 seconds (0.1#10.140)