Modul Akhir Mengtian Siap Diluncurkan, Sediakan Daya untuk Stasiun Ruang Angkasa Tiangong

Selasa, 11 Oktober 2022 - 18:42 WIB
loading...
Modul Akhir Mengtian Siap Diluncurkan, Sediakan Daya untuk Stasiun Ruang Angkasa Tiangong
Modul Mengtian, yang merupakan modul ketiga atau terakhir untuk stasiun luar angkasa Tiangong siap diluncurkan pada akhir Oktober. Foto/Space.com
A A A
BEIJING - Modul Mengtian, yang merupakan modul ketiga atau terakhir untuk Stasiun Luar Angkasa Tiangong siap diluncurkan pada akhir Oktober. Modul Mengtian telah diisi propelan dan bakal membantu menyediakan daya untuk stasiun luar angkasa milik China ini.

Modul percobaan Mengtian sudah tiba di pelabuhan antariksa Wenchang di pulau selatan Hainan pada bulan Agustus dan telah menjalani perakitan dan pengujian. Badan Antariksa Berawak China (CMSA) mengumumkan bahwa modul tersebut dimuat dengan propelan pada 9 Oktober 2022 menjelang perjalanannya ke luar angkasa.

Mengtian akan menggunakan propelan untuk membantunya bertemu dan berlabuh dengan dua modul stasiun luar angkasa Tiangong yang sudah mengorbit. China meluncurkan modul inti, bernama Tianhe, pada April 2021 dan mengirim modul eksperimen Wentian ke orbit pada Juli tahun ini.



Mengtian yang berarti Memimpikan Surga adalah struktur sepanjang 17,9 meter dan berat kira-kira 48.500 pon. Modul ini dirancang untuk menampung berbagai peralatan sains dan eksperimen di luar angkasa.

Modul ini juga membawa dua susunan panel surya yang memiliki lebar sayap total lebih dari 55 meter dan membantu menyediakan daya untuk Tiangong. Setelah berlabuh di Tiangong, modul Mengtian akan dipindahkan dari port dok depan ke port lateral menggunakan perangkat mekanis bertenaga yang dibuat khusus.

Manuver serupa pernah dilakukan terhadap modul Wentian pada 30 September. Langkah ini akan menyelesaikan pembangunan Pos terdepan orbit Tiangong berbentuk T.


Modul Akhir Mengtian Siap Diluncurkan, Sediakan Daya untuk Stasiun Ruang Angkasa Tiangong


Modul Mengtian akan diluncurkan dari Wenchang dengan roket Long March 5B. CMSA belum menyebutkan secara pasti tanggal peluncuran, tetapi peluncuran diharapkan dilaksanakan pada bulan Oktober.

China berencana untuk menjaga stasiun ruang angkasa Tiangong terus-menerus ditempati setidaknya selama satu dekade. Tiangong yang telah selesai, dengan kargo kunjungan dan pesawat ruang angkasa berawak Shenzhou, akan berukuran 20% lebih besar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Bobot Stasiun Luar Angkasa Tiangong sekitar 460 ton.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)