Modul Mengtian Tiba di Tiangong, Fase Perakitan Stasiun Luar Angkasa China Hampir Selesai

Selasa, 01 November 2022 - 19:50 WIB
loading...
Modul Mengtian Tiba di Tiangong, Fase Perakitan Stasiun Luar Angkasa China Hampir Selesai
Pesawat ruang angkasa atau modul Mengtian telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong, 13 jam setelah lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di provinsi selatan Hainan. Foto/CMSA/XINHUA
A A A
BEIJING - Pesawat ruang angkasa atau modul Mengtian telah tiba di Stasiun Luar Angkasa Tiangong , 13 jam setelah lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di provinsi selatan Hainan. Kedatangan modul Mengtian menandai selesainya fase perakitan stasiun ruang angkasa milik China ini.

Pesawat ruang angkasa Mengtian berukuran panjang 58,7 kaki dan berat 48.500 pon dibangun untuk menampung berbagai modul sains dan eksperimen. Modul Mengtian yang berarti "Mimpi Surga," menitikberatkan eksperimen tentang gaya berat mikro, fisika fluida, ilmu material, ilmu pembakaran, fisika dasar, dan topik lainnya akan dilakukan menggunakan peralatan yang terpasang di kapal.

Modul penelitian Mengtian menggunakan propulsinya sendiri untuk mencapai orbit sekitar 380 km di atas Bumi sebelum bergabung dengan Tianhe, modul inti stasiun Tiangong, dan Wentian, modul penelitian lainnya. Menurut Badan Antariksa Berawak China (China Manned Space Agency/CMSA), modul Mengtian tiba di Tiangong pada Selasa (1/11/2022) sesuai dengan jadwal.



Peluncuran Mengtian adalah yang kesembilan dari 11 misi yang diperlukan untuk menyelesaikan pembangunan dan pengujian Tiangong. Pesawat ruang angkasa kargo lainnya, Tianzhou 5, dan misi berawak Shenzhou 15 dijadwalkan terbang pada akhir tahun ini.
Modul Mengtian Tiba di Tiangong, Fase Perakitan Stasiun Luar Angkasa China Hampir Selesai


Pejabat ruang angkasa China menyatakan, pendaratan Mengtian memungkinkan China untuk memulai awal operasi penuh stasiun ruang angkasa Tiangong. Tianhe, Mengtian, dan modul yang disebut sebagai Wentian membentuk stasiun luar angkasa Tiangong.

Kedatangan Mengtian juga tepat waktu dalam mengoreksi kombinasi bentuk L miring dari Tianhe-Wentian, yang telah menggunakan banyak energi untuk tetap berorientasi selama orbit. CMSA mengatakan Mengtian yang saat ini terhubung ke port docking depan modul inti akan segera dipindahkan ke port samping untuk memulihkan simetri stasiun dan menyelesaikan konfigurasi dasar bentuk-T.

Mengtian dilengkapi dengan fasilitas penelitian paling kompleks dan mahal di Tiangong. Payload airlock modul akan memungkinkan lengan robot kecil stasiun untuk mengambil eksperimen dan memasangnya pada adaptor di eksterior Mengtian untuk mempelajari efek radiasi kosmik.



Menurut CMSA, Mengtian juga memiliki area khusus seluas 32 meter kubik dari total volume hampir 110 meter kubik, untuk para astronot berolahraga, tetapi tidak ada area tidur atau toilet. Tiga astronot akan tinggal di Tiangong untuk jangka waktu enam bulan sekaligus, atau enam awak untuk jangka waktu terbatas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2912 seconds (0.1#10.140)