China Luncurkan Satelit Komunikasi Baru Zhongxing 19, Ditempatkan di Atas Khatulistiwa

Selasa, 08 November 2022 - 14:56 WIB
loading...
China Luncurkan Satelit Komunikasi Baru Zhongxing 19, Ditempatkan di Atas Khatulistiwa
Roket Long March 3B lepas landas dari pelabuhan antariksa Xichang pada 5 November 2022, membawa satelit Zhongxing 19 (ChinaSat 19) ke orbit. Foto/Ourspace
A A A
BEIJING - China meluncurkan satelit komunikasi baru Zhongxing 19 menggunakan roket Long March 3B dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang di barat daya China. Satelit komunikasi baru yang kuat milik China mengorbit di atas khatulistiwa kawasan Asia-Pasifik sekitar 35.786 kilometer.

China Aerospace Science and Technology Corporation (CASC) mengumumkan keberhasilan peluncuran ke orbit transfer geostasioner dalam waktu satu jam pada Sabtu 5 November 2022. Peluncuran tersebut merupakan yang ke-49 yang dilakukan China selama tahun 2022 yang sibuk.

“Satelit Zhongxing 19 (ChinaSat 19) membawa muatan komunikasi tinggi Ka-band yang dirancang untuk layanan internet broadband, dan juga menampung transponder Ku-band dan C-band,” tulis Spaceflight Now dikutip SINDOnews, Selasa (8/11/2022).



China memiliki satelit komunikasi baru yang kuat menuju orbit geostasioner setelah peluncuran yang sukses selama akhir pekan. Satelit ini didasarkan pada platform satelit DFH-4, diproduksi oleh China Academy of Space Technology dan akan dioperasikan oleh China Satcom, kedua anak perusahaan CASC.

Menurut CASC, satelit Zhongxing 19 menyediakan layanan komunikasi untuk rute perjalanan penting melintasi Pasifik, Samudra Pasifik timur dan pantai barat Amerika Utara. Akademi Teknologi Kendaraan Peluncuran China, lembaga lain yang dimiliki oleh CASC, menyediakan kendaraan peluncuran untuk misi tersebut.

China tampaknya akan mengalahkan rekor 55 peluncuran, yang ditetapkan tahun lalu. China saat ini sedang bersiap untuk meluncurkan misi kargo baru ke stasiun luar angkasa Tiangong yang baru saja selesai akhir pekan ini.

(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)