Kapal Kargo Cygnus Tiba di Stasiun Luar Angkasa, Satu Panel Surya Tak Berfungsi

Kamis, 10 November 2022 - 17:45 WIB
loading...
Kapal Kargo Cygnus Tiba di Stasiun Luar Angkasa, Satu Panel Surya Tak Berfungsi
Pesawat kargo Cygnus yang membawa logistik dan bahan eksperimen ilmiah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Foto/Space/NASA
A A A
FLORIDA - Pesawat kargo Cygnus yang membawa logistik dan bahan eksperimen ilmiah tiba di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) . Namun, satu panel surya pesawat ruang angkasa tanpa awak ini tidak berfungsi atau tidak terbuka seperti yang direncanakan.

Astronot NASA Nicole Mann dibantu oleh rekan awak NASA Josh Cassada menangkap pesawat ruang angkasa Cygnus dengan lengan robot stasiun ruang angkasa pada Rabu 9 November 2022 pukul 05:20 EST waktu AS. Lengan robot akan memindahkan kapsul Cygnus ke modul Unity di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), dan ditambatkan ke port yang menghadap ke Bumi.

“Selamat kepada tim NG-18 atas upaya tak kenal lelah membawa Sally Ride ke ISS untuk penangkapan yang sukses hari ini,” kata Mann, yang mengambil kapal kargo Cygnus dengan lengan robot, melalui radio ke Mission Control. Proses penangkapan kargo Cygnus dengan robot dilakukan ketika posisi ISS terbang tinggi di atas Samudra Hindia.

Baca juga; Roket Antares Luncurkan Kapal Kargo Cygnus NG-18, Bawa Sejumlah Eksperimen Liar NASA

Sally Ride adalah julukan untuk pesawat ruang angkasa Cygnus, diambil dari nama mendiang astronot AS pertama yang berhasil mencapai luar angkasa dan meninggal pada tahun 2012. “kembali ke orbit, bintang-bintang tidak terlihat lebih besar tetapi mereka pasti terlihat lebih cerah,” kata Mann mengutip ucapan Sally Ride yang terkenal itu.

Pesawat pengangkut robot Cygnus buatan Northrop Grumman diluncurkan ke ISS pada Senin 7 November 2022 dari Virginia. Cygnus membawa 3,7 metrik ton percobaan ilmiah dan persediaan logistik, terberat yang pernah tercatat dalam peluncuran ke luar angkasa.
Kapal Kargo Cygnus Tiba di Stasiun Luar Angkasa, Satu Panel Surya Tak Berfungsi


Pesawat ruang angkasa Cygnus mengalami masalah teknis tak lama setelah peluncuran. Kapal barang itu hanya berhasil memasang hanya satu dari dua panel suryanya setelah lepas landas. Namun, Cygnus tetap dapat melakukan perjalanan ke ISS dengan aman.

“Northrop Grumman bekerja sama dengan NASA untuk memantau dan menilai pesawat ruang angkasa menjelang kedatangan, penangkapan, dan pemasangan yang direncanakan besok di stasiun ruang angkasa," kata pejabat NASA.

Baca juga; Pertama Kali Kapsul Cygnus Berhasil Bermanuver Mendorong ISS, Rusia Mulai Punya Saingan

Berarti ada tiga pesawat ruang angkasa robot mengangkut kargo ke ISS, yaitu Cygnus, kapsul Dragon SpaceX, dan kendaraan Progress Rusia. Kapsul Cygnus dan Progress setelah misi tak bisa kembali ke Bumi karena dirancang terbakar di atmosfer Bumi, tetapi Dragon SpaceX dirancang kembali ke Bumi untuk digunakan kembali dalam peluncuran berikutnya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1626 seconds (11.252#12.26)