China Kembali Luncurkan Kapal Kargo ke Tiangong, Tianzhou 5 Bawa Logistik Seberat 6.900 Kg

Sabtu, 12 November 2022 - 20:31 WIB
loading...
China Kembali Luncurkan Kapal Kargo ke Tiangong, Tianzhou 5 Bawa Logistik Seberat 6.900 Kg
China meluncurkan kapal kargo Tianzhou 5 yang membawa propelan dan makanan seberat 6.900 Kilogram (Kg) ke Stasiun Luar Angkasa Tiangong, Sabtu (12/11/2022). Foto/China Manned Space Engineering/Space
A A A
BEIJING - Setelah menyelesaikan pembangunan Stasiun Luar Angkasa Tiangong , China langsung meluncurkan kembali kapal kargo untuk awak Shenzhou 15. Kapal kargo Tianzhou 5 membawa propelan dan makanan seberat 6.900 Kilogram (Kg).

Kapal barang Tianzhou 5 lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Wenchang di Provinsi Hainan, China selatan, menggunakan roket Long March 7 pada Sabtu (12/11/2022). Kapal kargo sepanjang 10,6 meter itu diperkirakan akan berlabuh di stasiun luar angkasa Tiangong sekitar 6,5 jam setelah peluncuran.

Pesawat ruang angkasa Tianzhou 5 memiliki berat sekitar 13.500 kilogram, mengirimkan kargo untuk misi berawak Shenzhou 15 yang diluncurkan akhir November. Rincian kargo tidak dipublikasikan, tetapi Tianzhou 5 diperkirakan membawa propelan untuk stasiun ruang angkasa bersama dengan makanan dan persediaan untuk astronot.



Dikutip dari laman Space.com, kapal kargo ini juga membawa lima cubesats dan lima eksperimen lainnya ke Tiangong sebagai bagian dari misi ilmiah. China meluncurkan dua modul dalam beberapa bulan terakhir untuk bergabung dengan modul inti Tianhe yang sudah mengorbit.

Misi besar ini menandai selesainya Stasiun Luar Angkasa Tiangong dengan tiga modul berbentuk T, yang saat ini menampung tiga astronot Shenzhou 14, yaitu Chen Dong, Liu Yang, dan Cai Xuzhe. Dengan semua modul yang ada, trio Shenzhou 14 akan dapat menyambut kru Shenzhou 15 yang saat ini belum dirilis identitasnya.



Stasiun Luar Angkasa Tiangong sekitar 20 persen lebih besar dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). China membangun Stasiun Luar Angkasa Tiangong untuk beroperasi setidaknya selama satu dekade.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3129 seconds (0.1#10.140)