Hadir di KTT G20, Ahli Minta Joe Biden dan Xi Jinping Bahas Perubahan Iklim

Minggu, 13 November 2022 - 13:43 WIB
loading...
Hadir di KTT G20, Ahli Minta Joe Biden dan Xi Jinping Bahas Perubahan Iklim
Presiden Joe Biden dan Xi Jinping diharapkan membahas serius isu terkait perubahan iklim. FOTO/ IST
A A A
JAKARTA - Tinggal menghitung hari puncak kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi ( KTT ) G20 akan dilaksanakan di Bali, yakni pada 15-16 November 2022 mendatang. Kehadiran Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping diharapkan membahas soal perubahan iklim .

Dalam perhelatan KTT G20, Presiden Joko Widodo memastikan sebanyak 17 kepala negara akan hadir dalam acara tersebut. Diantara 17 kepala negara yang hadir, diantaranya Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping.

BACA JUGA - BLACKPINK Ajak Penggemar Perangi Perubahan Iklim

Para ilmuwan ekologi mendesak kedua pemimpin tersebut membahas isu perubahan iklim, karena akhir-akhir ini bencana alam yang terjadi di beberapa negara. Pada bulan Juli lalu, beberapa wilayah di Eropa mengalami gelombang panas selama berminggu-minggu yang mengakibatkan menurunnya curah hujan.

Hal ini mengakibatkan kekeringan di banyak tempat, seperti di sumber Sungai Themes Inggris, Sungai Rhine di Jerman dan Sungai Po di Italia. Kekeringan yang terjadi di berbagai wilayah di Eropa ini tidak hanya berdampak pada sektor pertanian dan transportasi yang sangat mengandalkan sumber air namun juga sektor energi.

Menurunnya sumber air berdampak pada pembangkit listrik tenaga air dan sistem pendingin pembangkit listrik. Adanya bencana kekeringan ini membuat produksi energi terbarukan Uni Eropa berkurang drastis.

Penanganan perubahan iklim telah menjadi fokus utama dalam banyak pertemuan pemimpin negara-negara dunia. Para pemimpin negara di dunia telah menyatakan komitmennya untuk menangani perubahan iklim.

Hadirnya Joe Biden dan Xi Jinping, menurut Prof. Dr. Muhammad Azhar, dunia berharap kedua negara adidaya tersebut dapat menginisiasi sejumlah persoalan, diantaranya global peace, mendamaikan Rusia-Ukraina, bekerjasama untuk ketahanan pangan global terutama di negara-negara miskin dan sama-sama membantu mengurangi polusi udara global untuk perbaikan climate change.

“ Kehadiran kedua pemimpin negara, Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Presiden China Xi Jinping di perhelatan KTT G20, sebuah penghormatan bagi kita bangsa Indonesia. Ini perhelatan dunia, dimana Indonesia memiliki peran penting sebagai negara yang berpengaruh,” kata Prof. Muhammad Azhar, Sabtu (12/11/2022).

“ Dunia berharap Joe Biden dan Xi Jinping bisa menginisiasi sejumlah persoalan global seperti global peace, mendamaikan Rusia-Ukraina, bekerjasama untuk ketahanan pangan global terutama di negara-negara miskin dan sama-sama membantu mengurangi polusi udara global untuk perbaikan climate change,” ujarnya.

Muhammad Azhar juga mungungkapkan, agar NATO lebih dipriorientasikan pada ketahanan pangan global, ketersediaan sumber energi yang ramah lingkungan. Bukan semata mata ketahanan militeristik.

Tak kalah penting, kata Muhammad Azhar, kedua negara perlu membangun kerjasama pengembangan sains yang berorientasi kemanusiaan, misalnya penyediaan vaksin dan obatnya yang murah bagi negara miskin
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1086 seconds (10.55#12.26)