Spesies Baru Ular Naga Ditemukan di Karawang

Senin, 14 November 2022 - 12:58 WIB
loading...
Spesies Baru Ular Naga Ditemukan di Karawang
Ular Naga Jawa Ditemukan di Pegunungan Sanggabuana Karawang. FOTO/ IST
A A A
KARAWANG - Spesies ular Xenodermys Javanicus baru-baru ini ditemukan oleh 4 Mahasiswa Unas di Karawang Jawa Barat. Temuan ini membuat para ilmuwan bergerak cepat lakukan konservasi di penggunungan Sanggabuana

Ular naga yang dimaksud adalah ular dari family Xenodermidae dengan nama spesies Xenodermus javanicus. Dari nama latin sudah bisa ditebak bahwa spesies ini endemik dari pulau jawa.

BACA JUGA - Ular Naga Jawa Ditemukan, Ahli Gerak Cepat Konservasi Pengunungan Sanggabuana

Ular ini yang berbeda dengan ular lain pada umumnya dan juga mirip ataupun menyerupai naga meskipun tidak memiliki sayap dan tidak bisa menyemburkan api.

Kulit dari ular ini lebih kasar dari ular lain dan hampir mirip kulit biawak serta di daerah dorsal atau punggungnya ada barisan sisik atau duri yang berjajar rapi sepanjang tubuhnya yang disebut tonjolan hemipenial.

Ukuran tubuhnya relative kecil dengan kisaran panjang kurang lebih 50 cm dengan ukuran betina bisa lebih besar dibandingkan dengan ukuran jantan.

Seperti dilansir dari Reptile Care, habitat ular ini biasa bertempat di lokasi dengan ketinggian diatas 1000 mdpl dimana daerah yang disukainya adalah daerah lembab dengan kondisi hutan alam dataran tinggi dengan daerah dekat sungai atau aliran air.

Biasanya ular ini bersembunyi di daerah bebatuan dan ular ini termasuk ular semi akuatik. Makanan dari ular ini jenis ikan kecil, katak dan sesilia.

Karakter dari ular ini cenderung pasif dan mudah stress sehingga apabila diambil dari habitat alam dan suhunya berubah maka ular akan mengalami dehidrasi dan bisa mati. Ular ini tidak memiliki bisa, apabila berjumpa manusia cenderung untuk kabur dan jarang menggigit manusia. Namun begitu tetap waspada apabila bertemu ular ini.

Status konservasi dari Ular naga (Xenodermus javanicus) ini berdasarkan IUCN (International Union for Conservation of Nature) masuk kedalam katagori LR (Least Concern) yang mengindiksikan bahwa spesies ini memiliki risiko punah yang rendah.

Ular ini cukup sensitif akan perubahan lingkugan hal ini berarti perubahan terhadap lingkungan akan berpengaruh terhadap keberadaannya di alam. Maka dari itu perlulah kita untuk menjaga kelestarian alam agar spesies yang unik seperti ular naga ini tetap terjaga dan lestari mengingat ular ini sangat unik dan menarik.
(wbs)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1329 seconds (10.177#12.26)