Ular Langit Tertangkap Kamera Merayap di Permukaan Matahari

Selasa, 15 November 2022 - 06:30 WIB
loading...
Ular Langit Tertangkap Kamera Merayap di Permukaan Matahari
Fenomena unik terjadi di matahari dan tertangkap kamera Solar Orbiter milik ESA. Foto/DOK. ESA
A A A
JAKARTA - Fenomena menarik terjadi di matahari baru-baru ini. Ular langit tertangkap kamera merayap di permukaan matahari. Ular betulan kah?

Satelit pengamat matahari atau Solar Orbiter yang dimiliki European Space Agency (ESA) merekam kejadian menarik yang terjadi di permukaan matahari.

Saat merekam kegiatan harian matahari, kamera Solar Obiter menangkap adanya gerakan yang menarik dari satu sisi matahari ke sisi lain. Gerakan itu seperti ular yang merayap.

Hanya saja menurut ESA jangan diartikan ular itu secara harfiah. Gerakan yang seperti ular merayap itu tidak lain adalah proses energi intens yang terjadi di atmosfer matahari. Saat itu gas atmosfer dingin tertembak oleh medan magnet matahari yang kemudian membuat plasma dingin itu bergerak merayap dengan cepat.





ESA memperkirakan "ular" yang merayap itu bergerak dengan kecepatan 170 kilometer per detik. Fenomena unik itu sendiri berhasil tertangkap kamera dengan melakukan time lapse video aktivitas matahari.

David Long, analis ruang angkasa dari Mullard Space Science Laboratory (UCL) mengatakan fenomena luar biasa itu terjadi karena kondisi gas di atmosfer matahari yang bervariasi. Menurutnya semua gas di atmosfer Matahari adalah plasma.

Suhu matahari yang panasnya sangat ekstrem, lebih dari satu juta derajat, membuat elektron bisa terlepas dari atomnya. Di antara kondisi itu bisa terjadi letusan besar yang disebut coronal mass ejections. Saat itu sejumlah besar plasma terlempar ke luar angkasa.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2273 seconds (0.1#10.140)