7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur

Rabu, 16 November 2022 - 19:53 WIB
loading...
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur
Rumah di atas batu merupakan satu dari rumah lainnya yang sangat unik tempatnya. Foto/IST
A A A
JAKARTA - Cermati tujuh tempat tinggal yang tak biasa dan bikin geleng-geleng kepala ini. Ada yang bikin rumah di dalam telur. Percaya?

Konsep rumah atau tempat tinggal siapa nyana ternyata mengalami perkembangan yang sangat pesat dari segi konsep. Awalnya, 12.000 tahun lalu manusia purba membangun rumah karena sudah mengerti cara bertani.

Saat itu mereka membangun tempat tinggal yang unik. Berbeda dengan sekarang, orang zaman purbakala menggunakan atap sebagai ruang untuk melakukan pekerjaan hariannya. Jadi tidak ada jalan-jalan untuk masuk ke rumah seperti sekarang.

Seiring waktu konsep pembuatan rumah tinggal pun berkembang pesat. Bentuknya pun beraneka ragam. Begitu juga dengan lokasi rumah itu didirikan.

Awalnya rumah didirikan di tengah permukiman. Hal itu tentunya untuk memudahkan para penghuni dalam mendapatkan berbagai akses, mulai dari makanan, minuman, hingga listrik.



Namun saat ini berkembang konsep baru dimana rumah atau tempat tinggal justru akan sangat ideal jika berada di tempat yang tidak biasa. Tempat yang justru bisa bikin Anda geleng-geleng kepala.

Nah, jika Anda tidak percaya, yuk cermati daftarnya di bawah ini:

1. Rumah di Tengah Sungai
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur


Sebuah rumah yang diberi julukan "Just Room Enough Island" dibangun pada tahun 1950 di tengah Sungai St. Lawrence, Amerika Serikat (AS). Lebih spesifik, rumah ini berada di Pulau Hub yang sangat kecil dengan ukuran hanya 3.300 kaki atau sekitar 310 meter persegi.

Melansir laman The Design Inspiration, rumah ini memiliki 4 pilar batu kecil di depannya, lengkap dengan cerobong asap. Lokasinya yang berada sendiri di tengah sungai menjadikan rumah ini sangat unik dan menjadi sorotan banyak orang.

2. Bangunan di Atas Tebing
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur


Selanjutnya, ada bangunan atau tempat tinggal yang berada di atas tebing. Lokasi tebing berdirinya bangunan ini disebut Meteora, yang berada di Yunani. Mengutip laman Greece Travel Secrets, Meteora adalah landmark sekaligus sejarah paling berharga di Yunani. Rupanya, bangunan yang ada di Meteora ini adalah biara dengan jumlah 24 unit. Dari jumlah tersebut, enam di antaranya masih bisa digunakan sampai sekarang.

Setiap tahunnya, biara-biara ini didatangi oleh wisatawan. Sayang, tidak semua wisatawan memiliki akses untuk sampai ke Meteora. Sehingga, biara-biara di sana cenderung sepi. Biara di Meteora menjadi saksi sejarah panjang Yunani, dengan awal kemunculan doktrin Kristen dan pendudukan Turki di sekitar abad ke-11.

Sementara itu, Meteora sendiri memiliki arti melayang di udara. Masih menurut Greece Travel Secrets, biara yang berdiri kokoh di Meteora hingga hari ini adalah biara Kristen Ortodoks yang dibangun pada abad 14 dan 16.

3. Rumah di Atas Batu
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur


Drina House atau Rumah Drina adalah sebuah tempat tinggal yang berdiri di atas batu. Sesuai namanya, rumah ini ada di atas batu besar di Sungai Drina, Serbia. The Atlantic menyebut, Rumah Drina dibangun pada tahun 1968 oleh sekelompok pemuda. Mereka menganggap, batu tersebut bisa dijadikan tempat berlindung dari gelombang ekstrem sungai.

Salah satu pemuda yang mencetuskan ide pendirian rumah Drina adalah Milija Mandic. Pembangunannya pun berlangsung secara bertahap pada musim panas periode berikutnya. Sayangnya, tidak ada yang tahu pasti berapa lama Mandic dan kawan-kawannya membangun rumah unik tersebut.

4. Rumah di Dalam Telur
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur


Seorang arsitek di China bernama Dai Haifei membuat sebuah rumah unik menyerupai telur. Rumah ini dibangun dengan biaya 20 ribu Yuan dan berlokasi di pinggiran jalan ibu kota China. Haifei terinspirasi untuk membuat rumah mungil ini karena merasa harga rumah di China sudah sangat mahal.

Dia pun membuat egg house dari kaca, karung pasir, dan bambu, serta menghabiskan biaya 20 ribu yuan. Hanya butuh waktu 2 bulan bagi Haifei untuk membangun rumah ini sampai Juli 2010. Saat kemunculannya pertama kali, rumah tak biasa milik Haifei langsung menyita perhatian publik.



5. Rumah di Dalam Gua
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur


Apa jadinya jika sebuah rumah berada di tempat yang sangat tidak biasa seperti gua? Rumah ini benar-benar dibangun oleh petani asal China bernama Xu Wenyi. Melansir Okezone, Xu Wenyi sengaja membangun rumahnya itu usai mengalami perceraian dan membuat dirinya cukup tertekan.

Dia lantas memutuskan untuk mencari tempat sunyi demi menyendiri. Hingga akhirnya, ia menemukan sebuah gua di Hunan, China dan mulai membangun rumah. Rumah gua buatan Xu Wenyi memiliki kedalaman 100 kaki dengan lebar 13 kaki. Dia juga membuat interior rumah tersebut sedemikian rupa hingga terlihat sangat rapi. Dapur rumah Xu Wenyi terbuat dari batu. Ia juga sengaja mengeruk dinding gua guna menjadikannya rak.

6. Rumah di Tengah Hutan
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur


Satu lagi rumah yang berdiri di lokasi tak biasa adalah Gambier Island House, Kanada. Selain berlokasi di dalam hutan, rumah ini juga terletak di atas sebuah teluk. Bukan sembarang rumah, Gambier Island House memiliki arsitektur unik dengan bentuk bujur sangkar dan terbuat dari baja, kayu, serta kaca.

Rumah eksotis ini dirancang oleh perusahaan McFarlane Green Biggar Architectire+Design. Tak hanya unik dan berlokasi di tempat tak biasa, Gambier Island House memanfaatkan tenaga surya sebagai pembangkit listriknya. Meskipun berada di tengah hutan, namun arsitektur rumah ini sangatlah modern dan banyak menjaring wisatawan untuk menginap di dalamnya.

7. Rumah di Dinding Tebing
7 Tempat Tinggal Tak Biasa Ini Bikin Geleng-geleng Kepala, Ada yang di Dalam Telur


Sebuah rumah di Australia bernama Cliff House tergantung di dinding tebing tinggi dan di atas lautan luas di pantai barat daya Victoria. Rumah dengan 5 lantai ini dibuat khusus untuk berlibur dan hanya dapat diakses melalui carport di lantai paling atas. Untuk menuju setiap lantai, pengunjung bisa menggunakan lift. Meskipun terlihat menyeramkan, namun rumah ini cukup kokoh dan bisa dijadikan tujuan berwisata. Perabotan yang terdapat di dalam rumah dibuat seminimalis mungkin, sehingga tidak menghalangi pandangan pengunjung ke laut lepas.

Baca pembahasan mengenai Tempat Unik selengkapnya di iNews.id melalui link berikut : https://www.inews.id/tag/tempat-unik
(wsb)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1824 seconds (0.1#10.140)