2 Kosmonot Rusia Bertugas 6 Jam di Luar ISS, Pasang Komponen Penting

Jum'at, 18 November 2022 - 13:47 WIB
2 Kosmonot Rusia Bertugas 6 Jam di Luar ISS, Pasang Komponen Penting
Kosmonot Rusia Sergey Prokopyev (kanan) dan Dmitry Petelin melakukan perjalanan ruang angkasa atau aktivitas ekstravehicular (EVA) pada 17 November 2022 di luar segmen Rusia dari Stasiun Luar Angkasa Internasional. Foto/Roscosmos TV/NASA TV
MOSKOW - Peristiwa langka yang menarik terjadi di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) , ketika dua kosmonot Rusia melakukan aktivitas ekstravehicular (EVA) selama 6,5 jam. Kedua kosmonot Sergey Prokopyev dan Dmitry Petelin bertugas di luar ISS untuk memasang komponen penting di modul milik Rusia.

Mereka menyiapkan dua komponen penting di modul sisi Rusia dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, yaitu kunci udara dan radiator untuk penggerak. Perangkat keras ini telah diluncurkan ke ISS 12 tahun lalu di atas pesawat ulang-alik NASA dan sekarang diposisikan ulang untuk mendukung modul yang lebih baru.

Komandan Ekspedisi 68 Sergey Prokopyev dan insinyur penerbangan Dmitry Petelin keluar dari modul Poisk yang menghadap ke luar ISS untuk memulai pekerjaa pertama, dari empat perjalanan ruang angkasa yang direncanakan untuk mendukung gerakan tersebut.

Kedua kosmonot dari Badan Antariksa Federal Rusia Roscosmos fokus untuk memasang radiator yang digunakan untuk menghilangkan panas. Kemudian diatur untuk dipindahkan secara robotik selama aktivitas ekstravehicular berikutnya pada 25 November.

Para spacewalker memulai tugas dengan memasang adaptor pada perlengkapan grapple yang dapat dilepas di airlock yang terpasang pada modul penelitian mini Rassvet Rusia. Mereka selanjutnya bermanuver dan membuka katup untuk melepaskan nitrogen di loop hidrolik yang mendukung radiator di bagian luar modul Rassvet.

Setelah menyelesaikan pekerjaan itu dengan cepat dan tanpa masalah, Prokopyev dan Petelin mengalihkan perhatian mereka untuk melepas enam penahan radiator yang telah ada sejak diluncurkan dengan Rassvet menggunakan pesawat ulang-alik Atlantis STS-132 pada tahun 2010.

Keduanya juga memasang penahan pada boom Strela, ekstensi yang digunakan oleh spacewalker untuk berpindah antar modul, sehingga penahan kaki dan peralatan lain dapat dipasang untuk mendukung proses relokasi radiator.

Tugas besar terakhir Prokopyev dan Petelin dari spacewalk adalah memasang sistem lampiran objek besar pada modul laboratorium multiguna Nauka. Di mana airlock akan dipasang selama EVA yang dijadwalkan pada 6 Desember.