2 Kosmonot Rusia Sukses Pasang Lengan Robot Stasiun Luar Angkasa Internasional

Selasa, 19 April 2022 - 15:22 WIB
loading...
2 Kosmonot Rusia Sukses Pasang Lengan Robot Stasiun Luar Angkasa Internasional
Kosmonot Oleg Artemyev dan Denis Matveev mengonfigurasi komponen lengan robot baru pada modul laboratorium multiguna Nauka. Foto/NASA/UPI
A A A
FLORIDA - Dua kosmonot Rusia mengaktifkan Lengan Robot Eropa atau European Robotic Arm (ERA) yang baru di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) saat space walk pertama pada Senin 18 April 2022. Kosmonot Oleg Artemyev dan Denis Matveev bekerja selama 7 jam mengaktifkan lengan robot sepanjang 37 kaki.

Kosmonot Oleg Artemyev dan Denis Matveev meninggalkan modul Nauka Rusia pada pukul 11:00 EDT untuk memasang panel kontrol lengan otomatis. Mereka menyelesaikan pekerjaan dan kembali ke ISS sekitar pukul 17:48 EDT.

Situs web NASA menyiarkan langsung kerja para kosmonot selama hampir tujuh jam selama perjalanan antariksa untuk mengaktifkan lengan sepanjang 37 kaki atau 11,3 meter. Lengan robot ini akan digunakan untuk mengangkut barang-barang berat dan membantu para penjelajah ruang angkasa.

Baca juga; Perang Rusia Ukraina Bisa Mempercepat Kehancuran Stasiun Luar Angkasa Internasional

Badan Antariksa Eropa mengatakan lengan baru akan menavigasi melintasi segmen stasiun ruang angkasa Rusia dan dapat membawa beban hingga 17.000 pon. Ini adalah salah satu dari tiga sistem yang dapat membawa dan memindahkan benda-benda besar di luar ISS.

Perjalanan antariksa kedua untuk para kosmonot dijadwalkan pada 28 April 2022, mereka akan melepas selimut termal pelindung lengan dan menguji mobilitasnya. Lengan Robot Eropa bergabung dengan lengan jarak jauh lain yang dikenal sebagai 'Canadarm2,' yang mencakup bagian AS dari stasiun ruang angkasa.

Modul Kibo Jepang adalah lengan robot yang lebih kecil yang mendukung eksperimen di fasilitas modul yang terbuka. Lengan Robot Eropa dibuat pada tahun 1996 dan telah disimpan selama lebih dari satu dekade.

Baca juga; Saingi ISS, China Mulai Membangun Stasiun Luar Angkasa Permanen Bulan Depan

Philippe Schoonejansm, manajer proyek ERA Badan Antariksa Eropa, mengatakan lengan robot itu dapat sepenuhnya diprogram dan sangat membantu berbagai aktivitas di luar angkasa. "Ini dapat dioperasikan dari panel kontrol eksternal, yang tidak dimiliki yang lain," katanya dikutip SINDOnews dari laman upi.com, Selasa (19/4/2022).

Astronot NASA telah tinggal dan bekerja sama dengan kosmonot Rusia di ISS di tengah invasi Rusia ke Ukraina pada Februari 2022. Astronot NASA Dr Tom Marshburn mengatakan aktivitas space walk ini sebagai "hubungan kolegial, sangat bersahabat, dan kerja sama seluruh kru ISS."
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1836 seconds (11.252#12.26)