Berapa Lama Manusia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan dan Minum?

Sabtu, 19 November 2022 - 06:49 WIB
loading...
Berapa Lama Manusia Dapat Bertahan Hidup Tanpa Makan dan Minum?
Untuk mengetahui berapa lama seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum bergantung pada individu masing-masing. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berapa lama manusia dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum? Pertanyaan ini menimbulkan rasa ingin tahu yang tinggi untuk mengetahui kemampuan manusia bertahan tanpa asupan nustrisi.

Untuk mengetahui berapa lama seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum bergantung pada individu masing-masing. Sebab, kondisi tubuh manusia berbeda-beda dan masih banyak faktor lain yang mempengaruhi.

Adapun beberapa kondisi yang menjadi pertimbangan untuk menentukan berapa lama seseorang dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum. Setiap orang dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum hingga berminggu-minggu sesuai dengan kondisi tubuh, lingkungan dan jenis makan dan minum yang terakhir dikonsumsinya.

Baca juga; 9 Hewan yang Jarang Makan, Nomor 4 Bisa Bertahan 10 Tahun Tanpa Makan!

Cairan tubuh merupakan hal penting agar tubuh tidak terkena dehidrasi. Kekurangan asupan air membuat tubuh manusia hanya dapat bertahan dua atau empat hari saja. Sementara untuk bertahan hidup tanpa makan, tubuh manusia mampu bertahan hingga dua bulan hanya dengan mengandalkan air putih saja.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap kasus orang-orang yang berada di situasi tanpa makan, tubuh dapat bertahan lebih lama dibandingkan bertahan tanpa minum. Adapun beberapa kesimpulan dari penelitian tersebut.

Tubuh dapat bertahan selama dua bulan jika ada air minum yang dapat mencukupi kebutuhan air di dalam tubuh. Asupan air yang cukup dapat membuat manusia bertahan hidup tanpa makan hingga beberapa bulan.

Baca juga; Stres bikin Malas Makan atau Jadi Makan Terus? Ini Cara Mengatasinya

Hal ini berkaitan dengan cairan yang masuk ke dalam tubuh karena fungsinya sebagai pengganti makanan. Berdasarkan jurnal Nutrition, Indeks Massa Tubuh (IMT) yang dimiliki pria kurang dari 13 sementara pada wanita kurang dari 11 untuk dapat bertahan hidup.

Artinya komposisi tubuh wanita mampu bertahan dari kelaparan lebih lama dibandingkan dengan pria. Tak hanya itu, wanita juga dapat mempertahankan proteinnya dan jaringan otot tanpa lemak dibanding dengan pria.

(MG/Ni Made Susilawati)
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1537 seconds (11.252#12.26)