Terungkap Rahasia Burung Camar Memiliki Sayap Berwarna Gelap, Punya Fungsi Vital

Selasa, 22 November 2022 - 18:16 WIB
loading...
A A A
Goumas meneliti warna, tubuh, dan bentuk sayap dari 50 spesies burung camar laut dengan mengukur lebar sayap dibandingkan dengan lebar sayap, dikenal sebagai rasio aspek. Kemudian menghitung massa tubuh dibandingkan dengan ukuran sayap, yang dikenal sebagai beban sayap.

Kemudian dia mengevaluasi bagaimana rasio tersebut berhubungan dengan pewarnaan di bagian belakang dan permukaan atas sayap dan di ujung sayap. Goumas menemukan bahwa beban sayap yang lebih besar dikaitkan dengan warna abu-abu yang lebih gelap pada mantel dan proporsi tanda hitam pada ujung sayap.

Lebih khusus lagi, spesies dengan tubuh lebih besar dan sayap lebih kecil, seperti camar punggung hitam besar (Larus marinus) dan camar Olrog (Larus atlanticus), cenderung memiliki mantel dan ujung sayap yang lebih gelap. Sedangkan warna lebih terang pada burung dengan tubuh lebih kecil dan lebih lebar sayapnya, seperti burung camar gading (Pagophila eburnean) yang seluruhnya berwarna putih.

“Burung camar tidak seperti elang laut dan banyak burung laut lainnya, karena mereka menghabiskan banyak waktu di darat dan tidak banyak bergerak. Burung camar banyak terbang untuk mencari makan, jadi penghitungan ini masuk akal,” ujar Goumas.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2083 seconds (0.1#10.140)