Ukraina Terima 3 Helikopter Anti-Kapal Selam, Ini Kecanggihan Westland WS-61 Sea King

Kamis, 24 November 2022 - 20:53 WIB
loading...
Ukraina Terima 3 Helikopter Anti-Kapal Selam, Ini Kecanggihan Westland WS-61 Sea King
Ukraina menerima bantuan 3 unit helikopter anti-kapal selam dari Inggris untuk menghadapi kekuatan Rusia. Foto/Wikipedia/BulgarianMilitary
A A A
KIEV - Ukraina menerima bantuan 3 unit helikopter anti-kapal selam dari Inggris untuk menghadapi kekuatan Rusia. Ini adalah sistem senjata berawak Inggris pertama yang dikirim untuk membantu angkatan bersenjata Ukraina.

Menurut The Times, tiga helikopter perang anti-kapal selam ini adalah Westland WS-61 Sea King dari inventaris Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Salah satu dari tiga helikopter telah dikirim ke Ukraina dan sedang dipersiapkan untuk kemampuan tempur operasional.

Pengiriman tiga helikopter ini merupakan bagian dari paket baru bantuan militer dari London ke Kiev. Dalam paket bantuan ini, selain tiga helikopter, senjata lain yang diberikan adalah 10.000 peluru artileri.

Meskipun helikopter adalah bagian dari inventaris Royal Navy, mereka dinonaktifkan hampir empat tahun lalu. Helikopter ini telah dihentikan, tetapi masih dijual sekitar USD6 juta atau sekitar Rp93,8 miliar.

Baca juga; Rusia Puji Kehebatan Helikopter Serang Ka-52, Hancurkan 21 Tank Ukraina

Beberapa pilot Ukraina telah berhasil lolos dan mendapat sertifikat untuk mengoperasikan helikopter ini. Pelatihan berlangsung dalam beberapa bulan terakhir dan berlangsung setidaknya enam minggu.

Menurut The Times, sepuluh awak pesawat Ukraina dilatih untuk menerbangkan Westland WS-61 Sea King. Helikopter ini sangat cocok untuk melakukan beberapa fungsi. Selain pengintaian dan partisipasi dalam operasi tempur, helikopter sangat cocok untuk pencarian dan penyelamatan.

Helikopter Westland WS-61 Sea King diproduksi di bawah lisensi helikopter American Sikorsky S-61. Helikopter ini telah berpartisipasi dalam beberapa konflik utama, seperti Perang Falklands, Perang Teluk Persia, Konflik Balkan, dan Perang Irak.
Ukraina Terima 3 Helikopter Anti-Kapal Selam, Ini Kecanggihan Westland WS-61 Sea King


Secara keseluruhan ada sekitar 350 unit helikopter Westland WS-61 Sea King yang diproduksi. Selain Inggris, Jerman dan India juga menjadi operator Westland WS-61 Sea King. Awak helikopter terdiri dari dua atau empat orang.

Baca juga; Kapal Selam Nuklir Rusia Bermuatan 6 Torpedo Poseidon Hilang

Dikutip dari laman BulgarianMilitary, Kamis (24/11/2022), helikopter ini didukung oleh dua mesin turboshaft Rolls-Royce H.1400-2 Gnome, masing-masing menghasilkan daya 1.660 hp (1.240 kW). Kecepatan jelajahnya adalah 207 km/jam (penjelajahan maksimal di permukaan laut) dan jangkauannya 1.230 km.

Persenjataan helikopter Sea King terdiri dari empat torpedo, yang dapat berupa torpedo Mark 44, Mark 46, atau Sting Ray, atau muatan 4× Kedalaman, yang merupakan senjata perang anti-kapal selam (ASW).
(wib)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1613 seconds (11.97#12.26)