Seperti Amuba! Inilah Jenis Virus Purba yang Dihidupkan Kembali

Minggu, 27 November 2022 - 07:05 WIB
loading...
Seperti Amuba! Inilah Jenis Virus Purba yang Dihidupkan Kembali
Inilah jenis virus yang dihidupkan kembali oleh sekelompok ilmuwan. FOTO/ IST
A A A
PARIS - Para ilmuwan berhasil menghidupkan kembali virus purba 'pandoravirus' berusia 48.500 tahun yang telah dibekukan selama puluhan ribu tahun. Hal ini dikarenakan mencairnya permafrost.



Peneliti internasional yang mengamati sembilan virus purba yang ditemukan di permafrost Siberia mengklaim bahwa virus semacam itu masih mampu menginfeksi organisme hidup.

Hal itu terbukti setelah virus purba itu menginfeksi amoeba di laboratorium.

"Virus tertua yang ditemukan berusia hampir 50.000 tahun dan ini merupakan rekor dunia," kata anggota kelompok Jean-Michel Claverie, yang juga seorang peneliti di Universitas Aix-Marseille di Prancis, kepada New Scientist.

Anggota kelompoknya dilaporkan mempelajari tujuh virus purba di bawah penelitian terbaru dan baru-baru ini menerbitkan laporan pracetak.

Sebelumnya, kelompok yang beranggotakan ilmuwan dari Rusia, Prancis, dan Jerman itu juga berhasil menghidupkan kembali dua virus purba lainnya yang berusia 30.000 tahun.

Dapat dipahami bahwa virus yang mereka temukan dianggap paling kuno yang pernah dihidupkan kembali, meskipun ada peneliti lain yang telah mengumumkan keberhasilan reaktivasi bakteri berusia 250 juta tahun.

Semua virus ini adalah pandoravirus, sekelompok virus raksasa yang hanya dapat menginfeksi organisme bersel tunggal seperti amuba.

Namun, semua virus purba itu diyakini masih mampu menginfeksi sel hidup setelah 'terperangkap' selama puluhan ribu tahun dalam embun beku abadi dan berpotensi menginfeksi tumbuhan, hewan, atau manusia.

“Ini sangat berbahaya,” kata Claverie, seraya menambahkan bahwa bakteri dan virus baru muncul setiap hari dan sulit untuk menentukan dengan tepat seberapa berbahayanya sebenarnya.

Tahun lalu, perwakilan senior Rusia di Dewan Arktik, Nikolay Korchunov, memperingatkan bahwa permukaan yang membeku selama berabad-abad atau ribuan tahun masih dapat mengandung beberapa spora bakteri dan virus 'zombie'.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1531 seconds (0.1#10.140)