Unik, Gurun Pasir di Chili Ini Jadi Tempat Sampah Terbesar Dunia dan Lokasi Penelitian Ilmiah

Selasa, 29 November 2022 - 07:00 WIB
Para ilmuwan yakin bahwa bentuk kehidupan ini dapat membantu mereka menemukan kehidupan di Mars, yang memiliki lanskap serupa. Bentuk kehidupan kecil ini telah berevolusi untuk beradaptasi dengan kekurangan air, tingkat radiasi matahari yang tinggi, dan hampir tidak ada nutrisi.

Bagi kebanyakan orang, kemampuan mereka untuk bertahan hidup mungkin tidak menarik, tetapi bagi para ilmuwan, bentuk kehidupan ini dapat menyimpan rahasia evolusi dan kelangsungan hidup di Bumi dan planet lain.

NASA menganggap lanskap Bumi distrik Yungay yang paling mirip dengan Mars dan menggunakannya untuk menguji kendaraan robotiknya. Pada 2017, badan antariksa Amerika itu menguji model awal penjelajah Perseverance, yang saat ini sedang mencari tanda-tanda kehidupan kuno di planet merah itu.

Karena bentang alamnya mirip dengan Mars, kemampuan pengeboran rover diuji di padang pasir untuk memastikan mereka bisa bekerja di planet Mars. Dan paparan UV di Atacama juga sangat cocok dengan apa yang dialami rover.

Sayangnya kondisi sampah yang semakin mengkhawatirkan justru berdampak besar pada kehidupan di padang pasir