Pesawat Pengebom Siluman B-21 Raider Diluncurkan, Mampu Bawa Bom Nuklir

Sabtu, 03 Desember 2022 - 06:43 WIB
loading...
Pesawat Pengebom Siluman B-21 Raider Diluncurkan, Mampu Bawa Bom Nuklir
Angkatan Udara Amerika Serikat memperkenalkan secara resmi pesawat pengebom B-21 Raider buatan Northrop Grumman. Foto/USAF/Northrop Grumman
A A A
WASHINGTON - Angkatan Udara Amerika Serikat memperkenalkan secara resmi pesawat pengebom B-21 Raider buatan Northrop Grumman. B-21 Raider adalah pesawat pengebom baru pertama Angkatan Udara AS tercanggih yang dibuat dalam 30 tahun terakhir.

Pengebom B-21 Raider akan diresmikan pada sebuah upacara di fasilitas Northrop Grumman di Palmdale, California pada Jumat 2 Desember 2022 pukul 8:00 malam waktu setempat. Anda dapat menyaksikan upacara tersebut secara langsung di YouTube milik Pangkalan Angkatan Udara Edwards.

Pengebom B-21 Raider digambarkan oleh Northrop Grumman sebagai pesawat generasi keenam pertama di dunia. Ini sebuah istilah yang menggambarkan tingkat kecanggihan teknologinya dibandingkan pesawat lain.

Baca juga; Rusia Kembangkan Pesawat Pengebom Mirip B-2 Spirit AS

Sementara definisi tentang pesawat generasi keenam masih disempurnakan, pengebom B-21 kecanggihannya tetap di atas pesawat lain dalam hal kemampuan digital dan beroperasi dengan atau tanpa awak. Pengebom B-21 Raider mampu mengerahkan senjata nuklir dan konvensional.

Masih banyak yang tidak diketahui tentang kemampuan pengebom B-21, namun ada beberapa detail yang dirilis ke publik sebelum peluncurannya. Menurut lembar fakta Northrop Grumman yang dirilis pada 29 November 2022, pengebom B-21 akan menampilkan "kemampuan jaringan canggih", yang akan dapat berkoordinasi dan berkomunikasi dengan aset lain termasuk satelit.

Ini termasuk komunikasi dengan stasiun darat dan pesawat lain, bahkan menyertakan "wingman drones" jarak jauh tanpa awak yang dirancang khusus untuk pengebom B-21. Fitur paling revolusioner dari B-21 Raider kemungkinan adalah kemampuan silumannya.

Teknologi siluman adalah salah satu yang paling sensitif dan diklasifikasikan dalam gudang senjata militer AS. Jadi tidak banyak yang diketahui tentang sistem siluman yang tepat yang akan dimiliki oleh pengebom B-21 Raider.

Baca juga; China Siap Luncurkan Pengebom Siluman Xian H-20, Mirip B-2 Spirit AS

Sebagian besar kecanggihan B-21 datang dalam bentuk perangkat lunak yang digunakan baik di pesawat itu sendiri maupun dalam proses pembuatannya. Pembuatnya menggambarkannya sebagai "pengebom digital" karena sebagian besar desain dan pembuatannya dilakukan menggunakan "kembaran digital" berbasis perangkat lunak untuk membantu mengurangi biaya produksi.
Pesawat Pengebom Siluman B-21 Raider Diluncurkan, Mampu Bawa Bom Nuklir


Selain itu, pengebom B-21 Raider akan menampilkan arsitektur perangkat lunak terbuka yang memungkinkan integrasi mulus dari teknologi dan kemampuan yang ditingkatkan di masa mendatang.

Pengebom B-21 Raider dinamai setelah penyerbuan April 1942 yang berani di Jepang yang dipimpin oleh Letnan Kolonel James "Jimmy" Doolittle. Serangan ini membantu mengubah arah gelombang pertempuran Pasifik pasukan sekutu selama Perang Dunia Kedua.

Northrop Grumman saat ini memiliki enam pengebom B-21 dalam berbagai tahap perakitan dan pengujian di pabriknya di Palmdale. Angkatan Udara AS memperkirakan bahwa setiap pengebom B-21 Raider berkemampuan nuklir akan menelan biaya sekitar USD692 juta atau Rp10,6 triliun untuk pengadaannya.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2844 seconds (11.210#12.26)