China Siap Luncurkan Pengebom Siluman Xian H-20, Mirip B-2 Spirit AS

Senin, 18 Juli 2022 - 11:10 WIB
loading...
China Siap Luncurkan Pengebom Siluman Xian H-20, Mirip B-2 Spirit AS
Sejauh ini, hampir tidak ada data yang diketahui tentang Xian H-20, hanya saja dikatakan sebagai pengebom strategis baru. Foto/Flug Revue/BulgarianMilitary
A A A
BEIJING - China sedang membuat pesawat pengebom strategis siluman baru. Meskipun belum banyak data dan informasi yang diketahui tentang pengebom siluman buatan China, diperkirakan bentuknya mirip konsep flying wing atau sayap terbang.

Kepala divisi uji terbang dari grup penerbangan milik negara China, Avic, Go Heping mengumumkan pada rapat umum pekan lalu bahwa pesawat penting dengan tujuan strategis dan historis yang menentukan harus segera menyelesaikan uji terbang pertamanya. Dalam konteks ini, seperti yang dilaporkan oleh surat kabar China Global News, Heping meminta semua karyawan yang terlibat dalam program pengujian untuk “menyadari pentingnya keberhasilan menyelesaikan misi ini.”

Tidak jelas pesawat mana yang dimaksud Avic ketika membuat pengumuman, bahkan The Global Times tidak menyebutkan jenis maupun bentuknya. Spekulasi pun segera merajalela di China bahwa sebenarnya hanya ada satu model “strategis dan kepentingan historis yang menentukan” yaitu pengebom siluman Xian H-20, yang masih diselimuti misteri.

Baca juga; Dihantam Rudal Anti-Pesawat Ukraina, Pengebom Su-34 Rusia Jatuh dengan Mesin Kiri Terbakar

Sejauh ini, hampir tidak ada data yang diketahui tentang Xian H-20, hanya saja dikatakan sebagai pengebom strategis baru, yang pengembangannya dikonfirmasi secara resmi untuk pertama kalinya pada tahun 2016. Angkatan Udara China sendiri memperkuat asumsi dalam rangkaian video pada tahun 2018 dan 2021 bahwa H-20 direncanakan sebagai sayap terbang, mungkin serupa dengan desain dan ukuran pengebom AS Northrop B-2 Spirit.

Seorang ahli penerbangan yang tidak disebutkan namanya dari China mengatakan kepada Global Times bahwa spekulasi publik bahwa pesawat yang diumumkan adalah H-20 masuk akal baginya. Bagaimanapun, pesawat ini akan menjadikan China negara kedua di dunia yang mengembangkan pengebom siluman sendiri yang siap terbang.

Sayap terbang baru ini akan menjadi titik balik nyata bagi orientasi strategis Angkatan Udara China dan penguatan besar-besaran posisinya di kawasan Asia-Pasifik. Diketahui pengebom Xian H-6 yang sudah usang saat ini menjadi tulang punggung armada pengebom jarak jauh.

Baca juga; Rusia Upgrade Pengebom Tua Jadi Pesawat Supersonik, Bikin Si Angsa Putih Ngacir Sampai Mach 2+

Pesawat ini berlisensi dari Tupolev Tu-16 Soviet, yang dipensiunkan di Rusia pada 1990-an. Meskipun China telah melakukan modernisasi secara komprehensif, jangkauan layanan pesawat tua itu tetap terbatas. Jangkauan maksimum non-stop 6.000 kilometer dan muatan senjata sembilan ton.
China Siap Luncurkan Pengebom Siluman Xian H-20, Mirip B-2 Spirit AS


Sebaliknya untuk Xian H-20, menurut perkiraan analis internasional, dapat terbang antara 8.500 dan 12.000 kilometer. Kemampuan ini memberikan armada pengebom strategis China kapasitas serangan antarbenua” untuk pertama kalinya. China mengatakan pengebom baru ini akan menjadi bagian dari "triad nuklir" yang juga mencakup rudal darat dan kapal selam bersenjata nuklir.

Dilengkapi dengan radar AESA dan rudal jelajah konvensional dan nuklir, H-20 setidaknya bisa menjangkau pangkalan luar negeri AS di Guam, bahkan Hawaii. Mesin turbofan WS-10 yang dikembangkan di China harus digunakan sebagai penggerak, memungkinkan sayap terbang siluman mencapai kecepatan tepat di bawah batas suara.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2774 seconds (11.252#12.26)