5 Fakta Unik Gunung Slamet, Dianggap Kunci Pulau Jawa

Senin, 05 Desember 2022 - 21:15 WIB
loading...
5 Fakta Unik Gunung Slamet, Dianggap Kunci Pulau Jawa
Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Foto/Dok
A A A
PURWOKERTO - Gunung Slamet merupakan gunung berapi aktif di Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.428 meter di atas permukaan laut (mdpl). Gunung Slamet terletak di antara 5 kabupaten, yaitu Kabupaten Banyumas, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Brebes, Kabupaten Tegal, dan Kabupaten Pemalang.

Gunung Slamet merupakan gunung dengan suhu rata-rata paling dingin di pulau Jawa serta curah hujan tahunan paling tinggi di Indonesia yaitu 8.134,00 milimeter (mm) per tahun. Hingga saat ini, Gunung Slamet masih menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu gunung berapi aktif di Indonesia.

Pada Agustus 2019, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status yang mulanya Level I (Normal) menjadi Level II (Waspada). Berikut adalah beberapa fakta tentang Gunung Slamet yang harus kalian ketahui.

Baca juga; Gunung Slamet Masih Aktif, Pendakian dan Perayaan 17 Agustus di Puncak Dilarang

1. Memiliki Banyak Jalur Pendakian
Gunung Slamet terletak tepat di antara lima Kabupaten di Jawa Tengah. Dengan begitu, Gunung Slamet memiliki banyak jalur pendakian yang tersebar di lima kabupaten tersebut. Lima jalur pendakian yang terkenal, adalah jalur Guci, Bambangan, Kali Wadas, Cemara Sakti, dan Baturadden.

2. Belum Pernah Meletus
Gunung Slamet tercatat belum pernah mengalami letusan yang besar. Letusan yang terjadi pada tahun 1932, 1953, 1969, 1988, dan 2009 hanya merupakan letusan kecil berupa semburan abu dan lava yang tidak berbahaya.

3. Kunci Pulau Jawa
Masyarakat Jawa percaya bahwa Gunung Slamet berada tepat di tengah Pulau Jawa dan menganggap Gunung Slamet sebagai kunci Pulau Jawa. Apabila terjadi letusan besar, maka Pulau Jawa akan terbelah menjadi dua bagian dan memisahkan antara bagian barat dan bagian timur.

Baca juga; Kemarau, 15 Desa di Lereng Gunung Slamet Krisis Air Bersih

4. Tertinggi di Jawa Tengah
Dengan ketinggian 3.432 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Slamet merupakan yang tertinggi di Provinsi Jawa Tengah. Beberapa gunung di Jawa Tengah, seperti Gunung Merapi memiliki tinggi 2.910 mdpl dan Gunung Merbabu memiliki ketinggian 3.145 mdpl.

5. Mitos di Masyarakat
Gunung Slamet memiliki kisah mistis dan mitos tersendiri di tengah masyarakat. Kisah Gunung Slamet ini muncul dalam buku Niskala dan Babad Banyumas. Beberapa mitos yang tersebar yakni terdapatnya kerajaan gaib, makhluk kerdil, dan pasar hantu di sekitar Gunung Slamet.

MG/Ari Achmad Dhani
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2577 seconds (11.210#12.26)