Hantu Laut Raksasa dengan Lengan Mulut Terekam di Lepas Pantai AS

Selasa, 06 Desember 2022 - 19:31 WIB
loading...
Hantu Laut Raksasa dengan Lengan Mulut Terekam di Lepas Pantai AS
Ubur-ubur predator raksasa yang jarang terlihat sehingga dijuluki Hantu Laut Raksasa terekam di kedalaman lepas pantai Monterey Bay, California, Amerika Serikat (AS). Foto/MBARI/Daily Star
A A A
FLORIDA - Ubur-ubur predator raksasa yang jarang terlihat sehingga dijuluki Hantu Laut Raksasa terekam di kedalaman lepas pantai Monterey Bay, California, Amerika Serikat (AS). Ubur-ubur predator ini menggunakan tentakel, seperti lengan mulut yang besar, untuk menarik dan memakan mangsa.

Dikutip Daily Star, Selasa (6/12/2022), ahli biologi kelautan dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) berhasil mendapatkan rekaman yang luar biasa ubur-ubur predator raksasa itu. Hantu laut raksasa itu memiliki "lengan mulut" besar yang panjangnya mencapai 10 meter dan lebar mulut 1 meter.

Hewan pembunuh itu menggunakan tentakel panjangnya untuk menjebak mangsanya sebelum menyeretnya ke dalam mulutnya. “Ubur-ubur yang menakutkan menggunakan kepalanya yang bercahaya untuk mengeluarkan denyut nadi yang dapat mendorongnya melewati air,” kata para peneliti dari Live Science.

Baca juga; Ini 2 Cumi-Cumi Terbesar di Dunia, Berat 450 Kg dan Panjang 14 Meter

Ubur-ubur predator raksasa ini dikenal sebagai gigantea Stygiomedusa dan merupakan salah satu ubur-ubur terbesar yang pernah ada. Ubur-ubur hantu raksasa ini biasa bersembunyi di kedalaman lebih dari 900 meter di bawah permukaan laut.

MBARI mencatat baru 9 kali berhasil merekam penampakan ubur-ubur predator raksasa karena hidup sangat dalam di bawah air. “Ubur-ubur hantu raksasa pertama kali dikumpulkan pada tahun 1899. Sejak saat itu, para ilmuwan hanya bertemu hewan ini sekitar 100 kali,” demikian keterangan MBARI.
(wib)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1932 seconds (11.97#12.26)