Jepang Sukses Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa ke Bulan

Minggu, 11 Desember 2022 - 17:57 WIB
loading...
Jepang Sukses Luncurkan Pesawat Ruang Angkasa ke Bulan
Pesawat ruang angkasa, yang dibangun oleh perusahaan iSpace yang berbasis di Tokyo, diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX pada pukul 2.38 pagi (waktu setempat). FOTO/ IST
A A A
TOKYO - Sebuah start-up Jepang berhasil meluncurkan pesawat ruang angkasa ke bulan hari ini, dalam misi pertama negara itu untuk menjelajahi permukaan bulan.



Seperti dilansir dari AFP, Minggu (11/12/2022), misi tersebut juga merupakan yang pertama dari jenisnya yang diluncurkan oleh perusahaan swasta di negara tersebut.

Peluncuran berlangsung di Stasiun Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat (AS) setelah ditunda dua kali karena pemeriksaan pra-penerbangan tambahan.

Pesawat ruang angkasa, yang dibangun oleh perusahaan iSpace yang berbasis di Tokyo, diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik SpaceX pada pukul 2.38 pagi (waktu setempat).

"Misi pertama kami akan meletakkan dasar untuk mengeksplorasi potensi di bulan sebelum meneliti dan mengubahnya menjadi sistem ekonomi yang kuat," kata Pejabat Eksekutif iSpace Takeshi Hakamada dalam sebuah pernyataan.

Saat ini, baru tiga negara, yakni AS, Rusia, dan China yang berhasil mengirimkan kendaraan robotik ke permukaan bulan.

Misi iSpace dikenal sebagai program Hakuto-R.

Sementara itu, perusahaan menginformasikan, kendaraan robotik tersebut diperkirakan akan mendarat di bagian permukaan bulan yang terdeteksi pada April tahun depan.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1081 seconds (0.1#10.140)