Pesawat Buatan China Siap Bersaing dengan Airbus dan Boeing Tahun Depan

Senin, 12 Desember 2022 - 14:11 WIB
loading...
Pesawat Buatan China Siap Bersaing dengan Airbus dan Boeing Tahun Depan
Pesawat buatan China C919 siap beroperasi tahun depan. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - China mengumumkan pengiriman pertama pesawat penumpang terbaru mereka, pesawat ini diharapkan melakukan penerbangan komersialnya awal tahun depan.



Beijing berharap jet komersial C919 akan menantang model asing seperti Boeing 737 MAX dan Airbus A320, meski sebagian besar suku cadangnya bersumber dari luar negeri.

Menurut laporan media pemerintah, model pertama dari jet 164 penumpang secara resmi diserahkan kepada China Eastern Airlines dalam sebuah upacara di bandara Shanghai.

"Langkah ini menandai tonggak penting dalam pengembangan industri pesawat terbang China," kata lembaga penyiaran negara CCTV seperti dilansir dari AFP Senin (12/12/2022)

Rekaman yang disiarkan oleh saluran CCTV menunjukkan jet dengan lambang China Eastern di bandara yang dilanda hujan dan juga memberikan pandangan sekilas ke dalam kabin pesawat.

"Perusahaan Pesawat Komersial China (COMAC) milik negara memberi maskapai penerbangan 'kunci peringatan' untuk C919 pertama di dunia", CCTV melaporkan.

COMAC mengumumkan pada pertunjukan udara bulan lalu bahwa mereka telah mendapatkan pesanan 300 jet C919, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang nilai penawaran atau tanggal pengiriman.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2428 seconds (0.1#10.140)