Xiaomi Pamerkan Robot yang Bisa Bermain Drum

Senin, 12 Desember 2022 - 16:22 WIB
loading...
Xiaomi Pamerkan Robot yang Bisa Bermain Drum
Xiaomi kenalkan robot CyberOne kini bisa bermain drum dengan lancar. FOTO/ IST
A A A
BEIJING - Xiaomi merilis robot humanoid CyberOne pada Agustus 2022 lalu yang memiliki kemampuan memainkan alat musik drum.



Memiliki tinggi 177cm dan berat 52kg, robot ini punya kemampuan bergerak seperti manusia.

CyberOne kini bisa bermain drum dengan lancar. Berkat pelatihan yang diberikan oleh Xiaomi secara intensif dalam beberapa waktu belakangan, robot tersebut mampu menyelesaikan permainan drumnya dalam tiga langkah.

Pertama, secara otomatis mengurai ketukan dari file musik input Midi untuk menghasilkan urutan drum. Kedua menggunakan pustaka gerak offline dan kalibrasi online, lintasan gerak yang disinkronkan dengan urutan drum dihasilkan.

Kemudian yang letiga, tubuh robot dikendalikan untuk menyelesaikan setiap gerakan melalui pengontrol seluruh tubuh, seperti dilansir dari Gizmochina pada Senin (12/12/2022).

Menurut laporan, bagian tersulit dari permainan drum CyberOne adalah memainkan urutan ritme drum yang panjang, karena harus memastikan gerakannya terus menerus dan bebas benturan.

Untuk mengatasi masalah ini, tim di Xiaomi Robotics Lab mengekstrak ketukan dasar dan kemudian mengoptimalkannya dengan membangun pustaka trek gerak ketukan drum offline.

Hal ini memungkinkan CyberOne menghasilkan trek berkelanjutan yang konsisten dengan ketukan drum apa pun.

Kemampuan CyberOne untuk memainkan drum merupakan bukti kemampuannya untuk mengkoordinasikan seluruh tubuhnya dan melakukan gerakan yang cepat, akurat, dan luas jangkauannya.

Namun, keterampilan menabuh robot belum setara dengan penabuh drum profesional. Tim di Xiaomi sedang bekerja untuk meningkatkan kemampuan gerak dan manipulasi CyberOne pada robot generasi kedua.

Untuk diketahui, robot yang bisa memainkan drum bukanlah sesuatu yang baru. Bahkan, ada band serba robot bernama "Compressorhead" dari Jerman, yang menampilkan seorang drummer berlengan empat.

Meski demikian robot CyberOne tetaplah spesial. Ini karena CyberOne merupakan robot bionik humanoid skala penuh pertama yang dilatih dalam keterampilan ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)