Ini Kelemahan Sistem Rudal Patriot, AS Antisipasi Ancaman Peluru Kendali Anti-Radiasi Kh-31P Rusia

Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:52 WIB
loading...
Ini Kelemahan Sistem Rudal Patriot, AS Antisipasi Ancaman Peluru Kendali Anti-Radiasi Kh-31P Rusia
Sistem rudal Patriot milik Amerika Serikat (AS) yang akan dikirimkan ke Ukraina dikenal sebagai sistem pertahanan rudal darat-ke-udara paling canggih dan paling mahal. Foto/The War Zone/US ARMY
A A A
WASHINGTON - Sistem rudal Patriot milik Amerika Serikat (AS) yang akan dikirimkan ke Ukraina dikenal sebagai sistem pertahanan rudal darat-ke-udara paling canggih dan paling mahal. Namun, AS juga menyadari kelemahan sistem rudal Patriot dan berusaha mengantisipasinya agar tidak jadi sasaran empuk rudal anti-radiasi Kh-31P milik Rusia .

Sistem rudal Patriot akan menjadi peningkatan besar bagi Ukraina untuk kemampuan pengawasan dan pertahanan udara jarak jauh dari ancaman rudal jelajah, pesawat tempur, dan drone. Sistem rudal Patriot menggunakan radar berbasis darat untuk mengawasi, melacak, dan mengunci target mencapai jarak 80,5 sampai 160 kilometer.

Namun, sistem rudal Patriot adalah sistem statis yang memakan banyak ruang dan membutuhkan banyak pasukan untuk operasi. Selain itu, memiliki radar dengan emisi kuat yang dapat dideteksi dan geolokasi oleh sistem intelijen sinyal Rusia, seperti pesawat mata-mata IL-20 "Coot ". Fakta ini jelas menjadi rentan terhadap ancaman berbagai senjata Rusia.

“Baterai Patriot menggunakan sekitar satu kilometer persegi ruang di darat sehingga rentan terhadap intelijen, pengawasan, dan pengintaian Rusia. Radar saat memancar memancarkan sinyal besar dan akan terdeteksi oleh intelijen sinyal Rusia,” kata David Shank, pensiunan Kolonel Angkatan Darat dan mantan komandan Artileri Pertahanan Udara Angkatan Darat Sekolah di Ft Sill, Oklahoma, dikutip dari laman The War Zone, Sabtu (17/12/2022).



Baterai Patriot yang khas mencakup AN/MPQ-53 atau radar array bertahap AN/MPQ-65 yang lebih ditingkatkan, yang kemungkinan besar akan menjadi target serangan Rusia. Kemungkinan ini akan menjadi vektor utama serangan pasukan Rusia.

“Rudal anti-radiasi yang menargetkan radar Patriot. Hancurkan radar Patriot, dan sistemnya tidak berguna,” kata Shank.

Belum lagi satu baterai Patriot dengan peluncur lengkap (enam atau lebih) membutuhkan 50 hingga 60 tentara untuk ditempatkan. Kemudian 25 hingga 30 tentara untuk mengoperasikan dan memelihara.

“Patriot pasti akan menjadi target,” kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov sebagai tanggapan atas laporan bahwa pemerintahan Joe Biden kemungkinan akan menandatangani rencana untuk mengirim Patriot ke Ukraina.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2249 seconds (0.1#10.140)