Ini Kelemahan Sistem Rudal Patriot, AS Antisipasi Ancaman Peluru Kendali Anti-Radiasi Kh-31P Rusia

Sabtu, 17 Desember 2022 - 13:52 WIB
loading...
A A A
Pesawat tempur Rusia, seperti Su-35S Flanker, dapat dilengkapi dengan rudal anti-radiasi jarak jauh Kh-31P. Rudal ini dilengkapi dengan pencari radar pasif modular yang dirancang secara khusus untuk menargetkan sistem rudal Patriot.
Ini Kelemahan Sistem Rudal Patriot, AS Antisipasi Ancaman Peluru Kendali Anti-Radiasi Kh-31P Rusia


Rudal anti-radiasi Kh-31P memiliki jangkauan 68 mil atau 109,4 Km dan rudal Kh-31PD/PM yang telah ditingkatkan memiliki jangkauan lebih jauh hingga 160 mil atau 257,5 Km. Dengan pencari broadband yang dimilki, rudal ini memungkinkan menargetkan berbagai radar anti-pesawat musuh.

Mengingat jejak besar baterai sistem rudal Patriot, akan dapat dideteksi oleh satelit Rusia serta platform pengintaian berawak dan tak berawak di udara. Sumber intelijen lain, termasuk yang ada di lapangan, juga dapat dengan mudah menemukannya.

Setelah ditemukan, Rusia memiliki rudal jelajah dan balistik serta drone dengan jangkauan lebih jauh dari rudal anti-radiasi Kh-31 dapat mengenai seluruh sistem rudal Patriot. Apalagi drone Shahed buatan Iran yang dikabarkan digunakan Rusia, memiliki pencari anti-radiasi.



Untuk itu, Shank mengatakan bahwa idealnya baterai dan radar sistem rudal Patriot di Ukraina harus dilindungi dengan pertahanan berlapis dan kombinasi berbagai persenjataan. Mulai dari sistem udara tak berawak (C-UAS) untuk mengalahkan jenis drone tertentu.
Ini Kelemahan Sistem Rudal Patriot, AS Antisipasi Ancaman Peluru Kendali Anti-Radiasi Kh-31P Rusia


Kemudian kemampuan kontra-roket, artileri, dan mortir (C-RAM) untuk menetralisir roket, artileri, dan mortar, sistem pertahanan udara jarak pendek seperti sistem Avenger/Stinger dan sistem pertahanan udara jarak menengah seperti National Advanced Surface-to-Air Missiles Systems (NASAMS) untuk melawan drone bunuh diri jarak jauh dan rudal jelajah.

“Secara keseluruhan, pertahanan terbaik adalah jaringan sistem yang terintegrasi, berlapis, dan terhubung melalui arsitektur jaringan umum untuk komando/kontrol, peringatan dini bersama, dan otoritas pelibatan/identifikasi,” katanya.

Tentu ini perlu koordinasi yang integral dalam waktu yang tidak sebentar. Padahal, jika baterai sistem rudal Patriot tiba di Ukraina besok, pasukan pertahanan udara Ukraina yang paling terlatih setidaknya tetap membutuhkan satu atau dua bulan "pelatihan langsung khusus" untuk mengoperasikan sistem tersebut.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2064 seconds (0.1#10.140)