Misteri Kuburan Massal Reptil Laut Raksasa di Nevada Terkuak

Selasa, 20 Desember 2022 - 07:00 WIB
loading...
Misteri Kuburan Massal Reptil Laut Raksasa di Nevada Terkuak
Ichthyosaurus tidak memiliki makanan setiap kali melahirkan sehingga membuat mereka mudah mati. Foto/EurekaAlert
A A A
JAKARTA - Misteri kuburan massal reptil laut raksasa di Berlin-Ichtyosaur State Historic Park, Nevada, Amerika Serikat akhirnya terkuak. Ini jawaban mengapa di tempat itu ditemukan banyak fosil Ichthyosaurus dalam jumlah besar.

Nama Ichthyosaurus memang tidak begitu akrab dibanding Tyrannosaurus, Apatosaurus, Triceratops, hingga Velociraptor. Ichthyosaur adalah reptil laut yang jadi penguasa laut berkat ukurannya yang sangat luar biasa.

Bentuk Ichthyosaurus sangat mirip lumba-lumba. Bedanya Ichthyosaurus jauh lebih mengerikan karena memiliki moncong besar dengan gigi yang sangat tajam.

Saat ini para ilmuwan meneliti Ichthyosaurus di Berlin-Ichtyosaur State Historic Park, Nevada, Amerika Serikat. Pasalnya di taman nasional itu banyak ditemukan fosil Ichthyosaurus dalam jumlah yang sangat besar. Bisa dibilang tempat itu adalah kuburan massal sang penguasa laut di era purba.

Lalu apa yang sebenarnya terjadi di tempat itu? Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Smithsonian Institute dan universitas lainnya justru mengungkap apa yang sebenarnya terjadi di Berlin-Ichtyosaur State Historic Park.



Misteri Kuburan Massal Reptil Laut Raksasa di Nevada Terkuak


Lokasi itu ternyata merupakan tempat yang ideal buat Ithchyosaurus untuk melahirkan. Jadi saat ingin melahirkan para reptil laut purba itu bermigrasi dari lokasi mereka ke sebuah kawasan pantai dimana saat ini berubah jadi Berlin-Ichtyosaur State Historic Park.

"Kami menyajikan bukti bahwa Ichthyosaurus ini mati di sini dalam jumlah besar karena mereka bermigrasi ke daerah ini untuk melahirkan selama beberapa generasi selama ratusan ribu tahun. Pola migrasi ini sama dengan apa yang dilakukan paus," ujar Nicholas Pyenson dari Smithsonian Institute.

Teori itu menurutnya mematahkan dugaan sebelumnya yang menduga Ichthyosaurus banyak yang mati di wilayah itu karena terdampar. Ada juga yang menduga reptil laut purba itu mati karena keracunan ganggang yang banyak ditemukan di pantai Nevada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1617 seconds (0.1#10.140)