Misteri Kuburan Massal Reptil Laut Raksasa di Nevada Terkuak

Selasa, 20 Desember 2022 - 07:00 WIB
loading...
A A A
Hanya saja menurut Nicholas Pyenson hal itu banyak yang tidak terbukti. Dari situlah mereka memulai penelitian untuk mengungkap kebenaran sebenarnya dari kuburan massal Ithchyosaurus di Nevada itu.



Misteri Kuburan Massal Reptil Laut Raksasa di Nevada Terkuak


Mereka kemudian melakukan penelitian dengan mengombinasikan riset paleontologi serta modelling tiga dimensi berbasis komputer. Untuk itu Nicholas Pyenson bekerja sama dengan John Blundel dan Holly Little dari Smithsonian Digitization 3D Program.

Saat Nicholas Pyenson mengukur tulang dan mempelajari situs menggunakan teknik paleontologi tradisional, Holly Little dan John lundell menggunakan kamera digital, memindai lokasi dengan laserm serta mengambil ratusan foto dan jutaan. Setelanya mereka menggabungkan seluruh proses itu menggunakan perangkat lunak khusus untuk membuat model tiga dimensi.

Hal itu dilakukan untuk mengetahui lebih lanjut apa yang menjadi penyebab kematian massal Ithchyosaurus. Dari penelitian yang didapat, Ithchyosaurus menemukan tempat melahirkan idealk yang justru sangat berbahaya buat mereka.

Pasalnya di tempat tersebut tidak ada banyak makanan buat Ithchyosaurus dewasa. Alhasil saat proses melahirkan terjadi potensi kematian yang dialami reptil laut purba itu sangat tinggi. Hal ini dikuatkan dengan tidak ditemukannya fosil-fosil hewan purba lainnya khususnya invertebrata yang memang bisa dimakan Ithchyosaurus.

"Tidak ada apa pun yang bisa mereka makan di sini. Ini mengapa hanya ada fosil dewasa yang ditemukan. Jadi kami yakin di tempat ini adalah tempat melahirkan buat Ithchyosaurus," jelas Nicholas Pyenson.
(wsb)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1139 seconds (0.1#10.140)