Warga Inggris Akan Melihat ISS di Langit dengan Mata Telanjang saat Natal

Rabu, 21 Desember 2022 - 12:04 WIB
loading...
Warga Inggris Akan Melihat ISS di Langit dengan Mata Telanjang saat Natal
Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA), ISS adalah objek paling terang ketiga di langit dan mudah dikenali jika diketahui waktu yang tepat untuk melihatnya. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Rakyat Inggris memiliki kesempatan untuk melihat Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dengan mata telanjang ketika melintasi wilayanya pada malam Natal.



Seperti dilansir dari Metro, Rabu (21/12/2022) melaporkan bahwa orang dapat melihat sekilas stasiun luar angkasa yang mengorbit, di mana pun mereka berada di Inggris, asalkan langit masih cerah.

Menurut National Aeronautics and Space Administration (NASA), ISS adalah objek paling terang ketiga di langit dan mudah dikenali jika diketahui waktu yang tepat untuk melihatnya.

"ISS dapat dilihat dengan mata telanjang, akan terlihat seperti pesawat berkecepatan tinggi hanya jauh lebih tinggi dan bergerak ribuan kilometer per jam lebih cepat," jelas NASA.

Untuk sebagian besar Inggris Raya, ISS akan terlihat pada Malam Natal selama satu menit pada pukul 04:51 GMT di timur dengan tenggara tepat di atas cakrawala.

"Warga juga bisa menyaksikannya sekitar lima menit pada pukul 06.23 WIB, sedikit lebih tinggi di wilayah udara sebelah barat dan barat daya," jelasnya.

ISS mengorbit bumi dengan kecepatan 27.358,848 kilometer per jam, sekitar 402,3 kilometer di atas permukaan planet.

Sementara itu, menurut laporan yang dirilis NASA, ISS juga akan melintasi kawasan sekitarnya lagi pada pagi hari Natal.

Kali ini, stasiun luar angkasa akan melintas selama tiga menit pada pukul 05:37 GMT dan selama tujuh menit pada pukul 07:11 GMT.

"Pada setiap penampakan, stasiun luar angkasa akan bergerak ke arah timur," jelas laporan tersebut.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)