Penemuan Harta Karun di Makam Mesir Kuno, Ada Patung Dewa dari Emas dan Jimat Awet Muda

Kamis, 22 Desember 2022 - 19:52 WIB
loading...
Penemuan Harta Karun di Makam Mesir Kuno, Ada Patung Dewa dari Emas dan Jimat Awet Muda
Para arkeolog Mesir menemukan harta karun berupa patung emas dari 20 makam kuno di Kota New Damietta, Mesir, sekitar 153 kilometer timur laut Kairo. Foto/Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir/Live Science
A A A
KAIRO - Para arkeolog Mesir menemukan harta karun dari 20 makam kuno di Kota New Damietta, Mesir, sekitar 153 kilometer timur laut Kairo. Harta karun yang ditemukan berupa patung dewa dari kertas emas dan berbagai jimat yang dipercaya bisa membuat awet muda.

Menurut Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir mengatakan, pemakaman tersebut berasal dari dinasti ke-26 atau sekitar 688 SM hingga 525 SM. Ketika itu Mesir merdeka dari penguasa asing dan ibu kotanya terletak di Sais, sebuah kota di Delta Nil. Namun, pada tahun 525 SM, Persia mengambil alih wilayah tersebut.

Dari pemakaman kuno dinasti ke-26 ditemukan patung dewa menyerupai dewa Isis, Bastet, dan Horus, yang terbuat dari kertas emas. Ditemukan juga sejumlah jimat agar tetap awet muda yang berbentuk kumbang dan populer digunakan masyarakat Mesir kuno.



Patung dewa dari kertas emas yang ditemukan berbentuk Isis, dewi yang terkait dengan penyembuhan dan sihir, Bastet, dewi kucing yang dianggap melindungi manusia, dan dewa berkepala elang Horus.

“Cukup jelas dalam teks-teks kontemporer bahwa dewa-dewa Mesir dianggap memiliki daging emas,” kata Campbell Price, kurator Mesir dan Sudan di Museum Manchester di Universitas Manchester dan ahli Mesir Kuno di Universitas Liverpool dikutip dari laman Live Science, Kamis (22/12/2022).
Penemuan Harta Karun di Makam Mesir Kuno, Ada Patung Dewa dari Emas dan Jimat Awet Muda


Menempatkan benda-benda yang terbuat dari emas ini pada jenazah yang dimakamkan mungkin dari pengaruh kepercayaan kepada dewa. Penemuan sejumlah jimat juga mengungkap kepercayaan masyarakat saat itu terhadap kekuatan gaib.



Dari situs makam kuno New Damietta juga menyimpan sisa-sisa guci kanopik, yang digunakan untuk mengawetkan beberapa organ jenazah. Belum diketahui identitas jenazah yang dimakamkan di situs kuno tersebut dan apa statusnya ketika masih hidup.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1532 seconds (0.1#10.140)