Sadis Ternyata Katak Betina Akan Makan Pasangannya seusai Kawin

Senin, 29 Juli 2024 - 18:26 WIB
Sadis Ternyata Katak...
Katak Betina Akan Makan Pasangannya seusai Kawin. FOTO/ IFL SCIENCE
PARIS - Dalam riset terbaru ahli reptil temukan fakta baru bahwa katak betina akan makan pasangannya selepas kawin.

Seperti dilansir dari IFL Science, seorang ahli ekologi telah mengabadikan momen ketika katak lonceng hijau dan emas betina mencoba memakan pelamar jantan.

Dr. John Gould, dari Universitas Newcastle di Australia, mengamati katak betina mencengkeram kaki katak jantan dengan gigitan yang kuat.

Selama pertemuan tersebut, yang direkam Gould dalam video, teriakan melengking terdengar dari katak jantan saat dia berjuang untuk melepaskan diri dari cengkeramannya, dan ditarik lebih dalam ke cekungan di sisi kolam selama musim kawin.

Situasi tersebut terjadi di Pulau Kooragang, sebelah utara Sydney, saat Gould sedang mempelajari salah satu benteng terakhir yang tersisa bagi katak yang terancam punah tersebut.

Kanibalisme amfibi bukanlah hal yang jarang terjadi, dengan banyak kejadian kecebong memakan satu sama lain dan katak dewasa memakan anak-anaknya, tetapi kejadian ini adalah rekaman video pertama antara katak dewasa dari spesies ini.

Gould juga mendokumentasikan katak lonceng hijau dan emas betina dewasa yang memangsa spesies katak lain. Dia menangkap adegan katak lonceng hijau dan emas betina yang memangsa katak rawa tutul dewasa.

Universitas Newcastle mengatakan: “Keadaan percobaan kanibalisme dengan katak betina dewasa yang menargetkan jantan dewasa yang ingin kawin telah mendorong Dr. Gould untuk mengeksplorasi teori baru bahwa katak betina mungkin memiliki pilihan dalam mengeksploitasi calon jantan yang ingin kawin untuk berkembang biak atau makanan, dan bahwa panggilan untuk katak jantan dapat menentukan nasibnya.”

Pengamatan Gould, “Makan atau kawin: Menjelajahi bukti kanibalisme seksual di antara amfibi”, diterbitkan dalam Jurnal Ecology and Evolution.