Bikin Panik, Puing Roket Long March 3B China Diperkirakan Jatuh di Wilayah Filipina

Jum'at, 30 Desember 2022 - 16:36 WIB
loading...
Bikin Panik, Puing Roket Long March 3B China Diperkirakan Jatuh di Wilayah Filipina
China meluncurkan roket Long March 3B yang membawa satelit Shiyan-10 02 dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, Kamis 29 Desember 2022. Foto/CAST
A A A
MANILA - Badan Antariksa Filipina (PhilSA) mengeluarkan peringatan atas ancaman kejatuhan puing-puing roket milik China. Diketahui China terakhir kali melakukan peluncuran roket Long March 3B membawa satelit Shiyan-10 02 dari Pusat Peluncuran Satelit Xichang, Kamis 29 Desember 2022.

Setelah peluncuran, PhilSA merekomendasikan langkah-langkah pencegahan terkait ancaman puing-puing roket Long march 3B yang diperkirakan jatuh ke Bumi karena tidak terbakar di lapisan atmosfer. PhilSA memperkirakan sisa-sisa kendaraan peluncuran, seperti pendorong roket dan fairing payload, diproyeksikan jatuh ke dalam area drop zone yang terletak di sekitar tepian Recto.

Pejabat PhilSA mengeluarkan peringatan kepada semua lembaga pemerintah terkait tentang perkiraan area zona jatuh puing roket dan mengusulkan penerbitan peringatan terkait akses udara dan laut.



“Meskipun tidak diproyeksikan jatuh di daratan atau daerah berpenghuni di dalam wilayah Filipina, puing-puing yang jatuh menimbulkan bahaya dan potensi risiko. Khususnya bagi kapal, pesawat terbang, kapal penangkap ikan, dan kapal lain yang akan melewati zona penurunan (jatuh),” demikian keterangan PhilSA dikutip dari laman Space, Jumat (30/12/2022).

Area drop zone yang sebenarnya, tambah PhilSA, dapat berubah karena berbagai faktor seperti rotasi bumi, kondisi cuaca dan iklim. “Ada juga kemungkinan puing-puing melayang di sekitar area dan hanyut ke pantai terdekat,” tambah PhilSA.
Bikin Panik, Puing Roket Long March 3B China Diperkirakan Jatuh di Wilayah Filipina


PhilSA mengulangi peringatan kepada publik untuk segera memberi tahu otoritas lokal jika menemukan dugaan puing roket yang jatuh. PhilSA juga memperingatkan masyarakat agar tidak mengambil atau melakukan kontak dekat puing-puing roket karena mungkin mengandung sisa-sisa zat beracun seperti bahan bakar roket.



Peluncuran Long March 3B China pada Kamis 29 Desember 2022 merupakan peluncuran kedua Negara Tirai Bambu itu dalam seminggu. Roket Long March 3B membawa satelit Shiyan-10 02 yang akan ditempatkan di orbit untuk pemantauan lingkungan ruang angkasa.

Kemudian pada Selasa 27 Desember 2022, China meluncurkan satelit Gaofen-11 04 dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan. “Gaofen-11 04 adalah satelit observasi Bumi yang dirancang untuk digunakan untuk survei sumber daya lahan, perencanaan kota, desain jaringan jalan, estimasi hasil panen dan bantuan bencana,” menurut China Central Television (CCTV).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2259 seconds (0.1#10.140)