Ilmuwan Ungkap Faktor-faktor yang Mempercepat Proses Pembusukan Jenazah

Selasa, 03 Januari 2023 - 18:17 WIB
loading...
Ilmuwan Ungkap Faktor-faktor yang Mempercepat Proses Pembusukan Jenazah
Faktor-faktor yang mempercepat pembusukan jenazah. FOTO/ IST
A A A
LONDON - Sebagian orang mungkin pernah bertanya berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh jenazah di dalam kubur untuk sepenuhnya membusuk.



Tidak sedikit yang penasaran akan hal ini terlebih ada beberapa kasus jenazah ditemukan utuh meski telah dikubur bertahun-tahun.

Direktur Antropologi Forensik Center di Texas State University, Daniel Wescott punya jawabannya. Menurutnya, proses pembusukan sebenarnya sudah terjadi beberapa menit setelah kematian namun ada faktor lain yang dapat mempengaruhi waktu pembusukan.

Daniel mengungkapkan bahwa suhu, tingkat keasaman tanah, bahkan material peti mati juga dapat memengaruhi waktu pembusukan hingga jenazah sepenuhnya menjadi kerangka. Namun rata-rata butuh waktu satu tahun hingga satu dekade untuk terurai sepenuhnya.

Hal ini tidak berbeda jauh dari pendapat seorang profesor di Stasiun Penelitian Osteologi Forensik di Western Carolina University, Nicholas Passalacqua.

Di mana ia mengatakan jenazah yang berada di peti mati biasanya akan menjadi kerangka dalam waktu lima tahun.

Seperti dilansir dari Live Science, Selasa (3/1/2022) pembusukan atau dekomposisi sendiri sebenarnya mudah terjadi. Pembusukan bisa dilihat 18 jam setelah jenazah meninggal dunia.

Tanda-tandanya adalah kulit akan mulai berubah warna menjadi kehijauan.

Ini terjadi secara bersamaan karena bakteri di perut berkembang biak dengan cepat, menciptakan gas yang menyebabkan tubuh akan membengkak dan mengeluarkan bau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1755 seconds (0.1#10.140)