8 Hewan yang Memakan Kotorannya Sendiri, di Antaranya Binatang Peliharaan

Rabu, 04 Januari 2023 - 14:31 WIB
loading...
8 Hewan yang Memakan Kotorannya Sendiri, di Antaranya Binatang Peliharaan
Terdapat delapan hewan yang memakan kotorannya sendiri. Salah satunya Kelinci. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Terdapat delapan hewan yang memakan kotorannya sendiri. Perilaku aneh dari hewan ini rupanya memiliki sebabnya tersendiri.

Hewan yang memakan kotorannya sendiri ini mungkin tampak menjijikan bagi manusia. Praktik memakan kotoran sendiri pada hewan disebut sebagai coprophagia.

Dilansir dari livescience.com, memakan kotoran sendiri adalah hal yang umum di dunia hewan, untuk mengakses nutrisi yang tidak dapat mereka cerna pertama kali menurut Bryan Amaral, kurator senior ilmu perawatan hewan di Kebun Binatang Nasional Smithsonian di Washington, DC.

Baca juga : Hewan-hewan dengan Ritual Seks yang Bikin Dahi Berkerut

Beberapa hewan yang memakan kotorannya sendiri adalah sebagai berikut :

1. Kelinci

Menurut Cynthia Alvarado, seorang dokter hewan klinis di The Jackson Laboratory di Bar Harbor, Maine, makan kotoran adalah bagian alami dan penting dari makanan kelinci.

Hal ini karena sistem pencernaan dalam kelinci yang kurang efisien dalam mencerna makanan sehingga mereka akan memakan kotorannya lagi untuk melakukan proses pencernaan kembali.

2. Gajah

Anak gajah akan memakan kotoran dari induknya atau kotorannya sendiri ketika tengah melakukan peralihan makanan dari susu induknya ke makanan padat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0847 seconds (0.1#10.140)