Ukraina Pastikan Drone Iran yang Dipakai Rusia Diproduksi AS

Jum'at, 06 Januari 2023 - 20:26 WIB
loading...
Ukraina Pastikan Drone Iran yang Dipakai Rusia Diproduksi AS
Drone bunuh diri Iran yang digunakan Rusia untuk menggempur Ukraina. FOTO/ IST
A A A
MOSCOW - Laporan intelijen Ukraina menuding drone buatan Iran yang digunakan Rusia untuk menggempur Ukraina ternyata terdiri dari perangkat yang dibuat di Amerika Serikat.



Laporan tersebut, diperoleh CNN, berdasarkan pada pembongkaran drone Shahed-136 yang jatuh di Ukraina.

Dari 52 bagian yang diambil dari UAV oleh intelijen Ukraina, 40 dibuat oleh 13 perusahaan asal AS. Bahkan Komponen yang lainnya juga buatan luar negeri yang diproduksi oleh perusahaan di Kanada, Swiss, Jepang, Taiwan, dan China.

Pada Desember, pemerintah AS membentuk gugus tugas untuk menyelidiki bagaimana teknologi buatan AS dan Barat, termasuk peralatan kecil seperti semikonduktor dan modul GPS hingga bagian besar seperti mesin digunakan di drone Iran.

“Iran memberi Rusia drone untuk digunakan di medan perang di Ukraina,” kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby pada sebuah pengarahan bulan lalu seperti dikuti The New YorkTime Jumat (6/1/2023)

Kirby mengatakan sanksi saja tidak cukup untuk menghentikan Iran memperoleh teknologi barat untuk membangun drone mereka. Perlu pemantauan lebih lanjut tentang bagaimana dan dari mana suku cadang itu berasal untuk menghentikan distribusinya

“Kami berupaya untuk menargetkan produksi UAV Iran melalui sanksi, kontrol ekspor, dan berbicara dengan perusahaan swasta yang komponennya telah digunakan dalam produksi,” tuturnya.

Drone bunuh diri ini, yang dirancang untuk terbang ke suatu sasaran dan kemudian meledak, teknologi inilah yang dijadikan telah senjata utama dalam getaran Rusia karena perang selama 10 bulan mulai menguras pasokan rudal presisi jarak jauh Rusia.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2434 seconds (0.1#10.140)