Kecanggihan T-90 M Dipuji Komandan Tank Rusia, Punya Sistem Kendali Tembakan Terbaik

Senin, 09 Januari 2023 - 13:40 WIB
loading...
Kecanggihan T-90 M Dipuji Komandan Tank Rusia, Punya Sistem Kendali Tembakan Terbaik
Kementerian Pertahanan Federasi Rusia merilis perbandingan kecanggihan tank T-90M dan tank T-72 yang diuji para awak tank pasukan angkatan darat negara beruang merah itu. Foto/Bulgarian Military
A A A
MOSKOW - Kementerian Pertahanan Federasi Rusia merilis perbandingan kecanggihan tank T-90M dan tank T-72 yang diuji para awak tank pasukan Rusia. Hasilnya, tank T-90M memiliki sistem pengendalian tembakan dan perlindungan yang lebih baik dibandingkan tank T-72.

Seorang komandan tank T-90M Proryv dengan call sign Svetliy mengatakan hal pertama yang membuatnya terkesan adalah sistem pengendalian tembakan yang lebih baik. Apalagi persenjataan tank T-90M juga berbeda dengan T-72.

Tank T-90M juga dilengkapi senapan mesin desain baru Kort yang menggantikan senapan mesin NSVT era Uni-Soviet yang usang. Senapan mesin berat kaliber 12,7 x 108mm ini memiliki laju tembakan 600–650 putaran/menit dan jarak tembak efektif 2.000 meter.



Menurut Svetliy, dengan sistem elektro-optik baru, kru T-90M dapat membidik lebih cepat daripada yang digunakan di T-72. Komandan tank ini mengatakan bahwa gambar dan kontur target dari sistem elektro-optik juga telah diperbaiki, dan T-90M memiliki kamera tampak belakang.

Svetliy pun menyukai fitur sistem pengawasan baru, yang dapat beroperasi pada siang, malam, dan pencitraan termal. Kemudian, tank T-90M mengintegrasikan pengintai laser dan sistem kendali tembakan elektronik pertama.
Kecanggihan T-90 M Dipuji Komandan Tank Rusia, Punya Sistem Kendali Tembakan Terbaik


Svetliy pun sangat terkesan dengan sistem pengendalian tembakan T-90, yang menampilkan asisten suara. Bahkan asisten suara diintegrasikan ke dalam sistem penggerak tank.



Svetliy mengatakan bahwa jika tank yang dikendarai terlalu panas atau ada masalah dengan menyalakan mesin, asisten suara akan memberi tahu. Selain itu, meskipun T-90 lebih berat dari T-72, tapi lebih cepat dan lebih bermanuver.

“Perlindungan aktif sangat, sangat bagus. Di T-72, mekanik dan komandan harus melihat ke segala arah pada saat yang sama, tetapi di sini (T-90M) hanya kea rah depan,” kata komandan kedua T-90 dengan panggilan kode Bronya dikutip dari laman Military Bulgarian, Senin (9/1/2023).
Kecanggihan T-90 M Dipuji Komandan Tank Rusia, Punya Sistem Kendali Tembakan Terbaik


Sebelum menguasai tank T-90, Svetliy dan Bronya adalah komandan T-72 modifikasi pertama. Artinya, mereka telah mengoperasikan tank sejak 1979 ketika T-72 menerima modifikasi "A".



Svetliy dan Bronya mengatakan bahwa tank T-90M sangat cocok untuk digunakan sebagai artileri konvensional dan tembakan langsung dari posisi tertutup. Ini, memungkinkan tank T-90M menjadi sangat cocok di lingkungan perkotaan yang padat.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1237 seconds (0.1#10.140)