Ilmuwan Bangun Gudang Tinja untuk Selamatkan Manusia dari Kiamat Kepunahan

Selasa, 10 Januari 2023 - 10:00 WIB
Perbedaan itulah yang membuat kelompok ilmuwan uang diinisiasi Adrian Egli mengumpulkan seluruh tinja yang dihasilkan oleh manusia dimana pun mereka berada. Mereka meyakini bahwa setiap proses yang keluar dari pencernaan manusia akan sangat berbeda.

Apalagi saat ini faktanya cara hidup manusia telah berubah secara dramatis dalam satu abad terakhir. Manusia saat ini memiliki gaya hidup yang lebih kompleks, mengonsumsi makanan olahan, serta kerap menerima antibiotik untuk memerangi penyakit yang ternyata membasmi bakteri.

"Jika microbioma Anda terganggu dengan cara tertentu, itu bisa menimbulkan konsekuensi yang luar biasa," jelas Adrian Egli.

Disebutkan Daily Mail gudang tinja tersebut sama seperti bank sperma. Bedanya gudang tinja itu berisi sampel fese beku. Selain itu gudang tinja itu akan meneliti variasi mikrobioma.

Bisa saja mikrobioma itu dikultur ulang jika memang terbukti bermanfaat bagi tubuh manusia. Gudang itu sendiri terinspirasi Svalbard Global Seed Vault yang menyimpan salinan cadangan benih tanaman berharga jika yang aslinya sudah punah.

Saat ini gudang tinja tersebut sudah menyimpan 3.000 sampel. Rencananya jika sudah mencapai 100.000 sampel Adrian Egli dan kawan-kawan akan membangun gudang yang lebih besar lagi.